Keutamaan Rasulullah SAW Dalam Al-Quran 2
Bismillah walhamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala
Rasulillah, amma ba’du, pada
bagian yang pertama sudah disebutkan tiga keutamaan Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dalam Al-Qur`an Al-Karim, adapun selanjutnya, berikut ini
disebutkan lima keutamaan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yang
semoga bisa semakin menguatkan kecintaan kita terhadap beliau, lebih-lebih lagi
kecintaan kita kepada Sang Pengutusnya, Allah Ta’ala.
Allah meninggikan penyebutan nama
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak satupun makhluk yang
bisa menyamainya
Allah Ta’ala berfirman,
(1)”Bukankah
Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,
وَوَضَعْنَا
عَنْكَ وِزْرَكَ
(2)
dan Kami telah menghilangkan darimu bebanmu,
الَّذِي
أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
(3)
yang memberatkan punggungmu?
وَرَفَعْنَا
لَكَ ذِكْرَكَ
(4)
Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu” (Al-Insyiraah: 1-4).
Syaikh Abdur Rahman As-Sa’di rahimahullah mengatakan,
“Firman Allah Ta’ala -dalam rangka mengingatkan nikmat-Nya yang dianugerahkan
kepada Rasul-Nya { أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ } maksudnya, Kami
lapangkan dadanya untuk menerima syari’at Islam dan untuk berdakwah (mengajak
manusia) kepada Allah, untuk bersifat dengan akhlak yang baik, semangat menyambut
akhirat, dan memudahkan kebaikan-kebaikan hingga tidak sempit dadanya. Setiap
kali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan kebaikan.”
Tentang
Ayat yang selanjutnya beliau menafsirkan, maksudnya dan Kami telah
menghilangkan darimu dosamu. maksudnya yang memberatkan punggungmu,
sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:
لِيَغْفِرَ
لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ
“Supaya
Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan
datang.”
{وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ} maksudnya Kami tinggikan derajatmu
dan Kami jadikan pujian untukmu pujian yang indah lagi tinggi yang tidak pernah
satupun dari makhluk yang bisa mencapainya, maka tidaklah disebutkan (nama)
Allah kecuali disebutkan nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama
nama-Nya. Sebagaimana saat (seseorang) masuk Islam, adzan, iqamah, khutbah, dan
selainnya dari perkara-perkara yang Allah tinggikan dengannya penyebutan nama
Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau di hati umatnya, sangat
dicintai, dimuliakan, dan diagungkan, dengan bentuk (kecintaan, pemuliaan, dan
pengagungan) yang tidak ada tandingannya sesudah Allah Ta’ala.
Tidaklah Allah bersumpah dengan
kehidupan seorangpun kecuali dengan kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa sallam
Allah
Ta’ala berfirman,
لَعَمْرُكَ
إِنَّهُمْ لَفِي سَكْرَتِهِمْ يَعْمَهُونَ
“Demi
kehidupanmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam
kesesatan” (Al-Hijr:
72).
Al-Baghawi
rahimahullah mengatakan,
قال
الله تعالى: {لعمرك} يا محمد أي وحيات {إنهم لفي سكرتهم} حيرتهم وضلالتهم {يعمهون
} يترددون
Allah
Ta’ala berfirman :
{لَعَمْرُكَ} wahai Muhammad, (maksud sumpah disini) yaitu “Demi
kehidupanmu”, {إِنَّهُمْ لَفِي سَكْرَتِهِمْ} (sesungguhnya
mereka benar-benar berada di dalam) kebingungan dan kesesatan mereka, {يَعْمَهُونَ}
mereka terombang-ambing.
Beliau
juga berkata,
روي
عن أبي الجوزاء عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : ما خلق الله نفسا أكرم عليه من
محمد صلى الله عليه وسلم، وما أقسم الله تعالى بحياة أحد إلا بحياته .
Diriwayatkan
dari Abul Jauza` dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma, “Allah tidaklah
menciptakan jiwa yang lebih mulia dari jiwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi
wa sallam, dan tidaklah Allah Ta’ala bersumpah dengan kehidupan seorang pun
kecuali dengan kehidupan beliau ”.
Allah menjaga beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam dari segala keburukan
Allah Ta’ala berfirman,
وَاللَّهُ
يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ
“Allah
memelihara kamu dari (gangguan) manusia” (Al-Maaidah: 67).
Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,
وقوله
:{ والله يعصمك من الناس} أي : بلغ أنت رسالتي ، وأنا حافظك وناصرك ومؤيدك
على أعدائك ومظفرك بهم ، فلا تخف ولا تحزن ، فلن يصل أحد منهم إليك بسوء يؤذيك .
“Firman
Allah {وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ } maksudnya sampaikanlah
syari’at-Ku, niscaya Aku akan
menjaga,
menolong dan menguatkanmu menghadapi musuh-musuhmu, serta memenangkanmu
mengalahkan mereka, maka janganlah engkau takut dan janganlah bersedih, tidak
akan ada satupun dari mereka yang mampu menyakitimu dengan keburukan apapun
yang ditujukan kepadamu.”
Ajaran yang beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam bawa, berasal dari Allah Ta’ala, bukanlah hasil
karangan beliau
Allah Ta’ala berfirman,
وَمَا
يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ
(3)
“dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya.
إِنْ
هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ
(4)
Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” (An-Najm: 3-4).
Berkata Ibnu Katsir rahimahullah,
{
وما ينطق عن الهوى } أي : ما يقول قولا عن هوى وغرض {إن هو إلا وحي
يوحى} أي : إنما يقول ما أمر به ، يبلغه إلى الناس كاملا موفرا من غير زيادة
ولا نقصان
{وما
ينطق عن الهوى } maksudnya
beliau tidaklah mengucapkan ucapan (dalam urusan agama) yang bersumber dari
hawa nafsu dan interes pribadi, {إن هو إلا وحي يوحى} maksudnya
semata-mata beliau hanya mengatakan apa yang diperintahkan kepada beliau,
beliau pun menyampaikannya kepada manusia dengan sempurna, lengkap, tanpa
penambahan dan pengurangan (sedikitpun).
Al-Baghawi rahimahullah mengatakan,
{إن
هو} ما نطقه في الدين ، وقيل : القرآن { إلا وحي يوحى } أي : وحي
من الله يوحى إليه .
“{إن
هو}, tidaklah
beliau mengucapkan ucapan (tentang agama) ada pula yang berpendapat tentang
Al-Qur`an {إلا وحي يوحى } maksudnya (ucapannya itu tiada lain hanyalah)
wahyu dari Allah yang diwahyukan kepadanya.”
Seluruh akhlak yang ada dalam
Al-Qur`an beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan semuanya
Allah Ta’ala berfirman,
وَإِنَّكَ
لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
“Dan
sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung” (Al-Qolam: 4).
Al-Baghawi rahimahullah berkata,
{وإنك
لعلى خلق عظيم }قال ابن عباس ومجاهد : دين عظيم لا دين أحب إلي ولا أرضى عندي منه
، وهو دين الإسلام وقال الحسن : هو آداب القرآن . سئلت عائشة رضي الله عنها
عن خلق رسول الله – صلى الله عليه وسلم – فقالت : كان خلقه القرآن وقال قتادة
: هو ما كان يأتمر به من أمر الله وينتهي عنه من نهي الله ، والمعنى إنك على الخلق
الذي أمرك الله به في القرآن .
{وإنك
لعلى خلق عظيم } Ibnu
‘Abbas dan Mujahid mengatakan, “(Beliau beragama) dengan agama yang
agung, (yang) di sisi-Ku, tidak ada agama yang lebih Aku cintai dan ridhai
daripadanya, dan agama tersebut adalah agama Islam”.
Al-Hasan Al-Bashri berkata, “Ia ( “khuluq” dalam Ayat
ini) adalah adab-adab Al-Qur`an”. ‘Aisyah radhiallahu ‘anha pernah
ditanya tentang akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka
beliau pun menjawab, “Akhlak beliau adalah (melaksanakan seluruh yang ada
dalam) Al-Qur`an”. Qatadah mengatakan, Ia (“Khuluq” dalam Ayat ini) adalah
sesuatu yang beliau laksanakan dari perintah Allah dan sesuatu yang beliau
jauhi dari larangan Allah, dan makna Ayat di atas: Sesungguhnya engkau benar-benar
berakhlak dengan akhlak yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur`an. Wallahu
a’lam.
Insyaallah
akan berlanjut kepada. Insyaallah
akan berlanjut kepada Keutamaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
dalam Al-Qur`an (3).
Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@
0 Response to "Keutamaan Rasulullah SAW Dalam Al-Quran 2"
Post a Comment