Alat Penilaian Kemampuan Guru
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU 1
(APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN
KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1. Nama
Mahasiswa
:..............................................
2.
NIM :..............................................
3. Tempat
Mengajar/Ujian
:..............................................
4.
Kelas
:..............................................
5. Mata Pelajaran
:..............................................
6.
Waktu
:..............................................
7.
Tanggal
:..............................................
Petunjuk :
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian
nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan
butir penilaian dibawah ini.
No
|
Indikator/Aspek yang dinilai
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan
|
|||||
1.1 Menggunakan bahan
pembelajaran yang sesuai dengan krikulum GBPP
|
||||||
1.2 Merumuskan tujuan khusus
|
||||||
Rata-rata butir 1 = A
|
||||||
2.
|
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu
pembelajaran), dan sumber belajar
|
|||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan pembelajaran
|
||||||
2.2 Menentukan dan mengambangkan alat bantu pembelajaran
|
||||||
2.3 memilih sumber belajar
|
||||||
Rata-rata butir 2 = B
|
||||||
3.
|
Merencanakan skenario pembelajaran
|
|||||
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
|
||||||
3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran
|
||||||
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran
|
||||||
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
||||||
3.5 Menyiapkan pertanyaan
|
||||||
Rata-rata butir 3 = C
|
||||||
4.
|
Merancang pengelolaan kelas
|
|||||
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
|
||||||
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat
berpartisipasi dalam pembelajaran
|
||||||
Rata-rata butir 4 = D
|
||||||
5.
|
Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
|
|||||
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian
|
||||||
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
|
||||||
Rata-rata butir 5 = E
|
||||||
6.
|
Tampilan dokumen rencana pembelajaran
|
|||||
6.1 Kebersihan dan kerapian
|
||||||
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
||||||
Rata-rata butir 6 = F
|
Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup,
4=baik, 5=baik sekali
Nilai APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E
+ F = ...........
6
R = .........+
..........+ ..........+ ...........+ ............+ ...........
6
R = ..................
Semarang,....................
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Mahasiswa Praktikkan
NIP...........................
NIM...............................
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2
(APKG 2)
LEMBAR
PENILAIAN
KEMAMPUAN
MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1. Nama
Mahasiswa
:..............................................
2.
NIM :..............................................
3. Tempat
Mengajar/Ujian
:..............................................
4.
Kelas
:..............................................
5. Mata
Pelajaran
:..............................................
6.
Waktu
:..............................................
7.
Tanggal
:..............................................
Petunjuk :
1. Amatilah dengan cermat
pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru
tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir ke-5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan
5. Nilailah aspek
kemampuan guru
No
|
Indikator/Aspek yang dinilai
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran
|
|||||
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
|
||||||
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
|
||||||
Rata-rata butir 1 = P
|
||||||
2.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
|
|||||
2.1 Memulai pembelajaran
|
||||||
2.2 Melaksanakan
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
|
||||||
2.3 Menggunakan alat bantu
(media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
||||||
2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
|
||||||
2.4 Melaksanakan
pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal
|
||||||
2.5 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien
|
||||||
Rata-rata butir 2 = Q
|
||||||
3.
|
Mengelola interaksi kelas
|
|||||
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan
Isi pembelajaran
|
||||||
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa
|
||||||
3.3 Menggunakan eksperimen lisan, tulisan, isyarat dan
gerakan badan
|
||||||
3.4 Memantapkan penugasan materi pembelajaran
|
||||||
3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran
|
||||||
Rata-rata 3 = R
|
||||||
4.
|
Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif
siswa terhadap belajar
|
|||||
4.1 Menunjukan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh
pengertian, dan sabar kepada siswa
|
||||||
4.2 Menunjukan kegairahan dalam mengajar
|
||||||
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan
Serasi
|
||||||
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan
|
||||||
4.5 Membantu siswa
|
||||||
Rata-rata Butir 5 = S
|
||||||
5.
|
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran
tertentu
|
|||||
a. Bahasa Indonesia
|
||||||
5.1 Mendemosntrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
|
||||||
5.2 Mengembangkan kemampuan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar
|
||||||
5.3 Memberikan latihan keterampilan berbahasa
|
||||||
5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
|
||||||
5.5 Memupuk kegemaran membaca
|
||||||
Rata-rata 5a = T
|
||||||
b. IPS
|
||||||
5.1 Menanamkan konsep IPS melalui metode
bervariasi dengan karakteristik materi
|
||||||
5.2 Menguasai simbol-simbol IPS
|
||||||
5.3 Memberikan latihan IPS dalam kehidupan sehari-
Hari
|
||||||
5.4 Menguasai materi IPS
|
||||||
Rata-rata 5b = T
|
||||||
c. IPA
|
||||||
5.1 Membuktikan konsep IPA
melalui pengamatan langsung terhadap objek yang dipelajari
|
||||||
5.2 Menggunakan
keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan
|
||||||
5.3 Menggunakan istilah
yang tepat pada setiap langkah pembelajaran
|
||||||
5.4 Terampil dalam
melakukan percobaan IPA dalam memilih alat peraga
|
||||||
5.5 Menerapkan konsepIPA dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
5.6 Menampilkan penguasaan IPA
|
||||||
Rata-rata 5c = T
|
||||||
d. IPS
|
||||||
5.1 Mengembangkan pemahaman konsep
IPS terpadu
|
||||||
5.2 Mengembangkan pemahaman konsep waktu
|
||||||
5.3 Mengembangkan pemahaman konsep ruang
|
||||||
5.4 Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
|
||||||
Rata-rata 5d = T
|
||||||
e. PKn
|
||||||
5.1 Kemahiran menggunakan metode dan alat bantu
dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
|
||||||
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran PKn
|
||||||
5.3 Ketepatan
penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam PKn
|
||||||
5.4 Penguasaan materi Pkn
|
||||||
5.5 Menerapkan konsep PKn dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||||
Rata-rata 5e = T
|
||||||
f. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
|
||||||
5.1 Menkoordinasikan latihan
|
||||||
5.2 Memberikan contoh gerakan
|
||||||
5.4 Membimbing siswa
melakukan gerakan dan mengoreksi kesalahan gerakan siswa
|
||||||
5.4 Memberikan pertolongan kepada siswa
|
||||||
5.5 Memberikan aba-aba
|
||||||
Rata-rata 5f = T
|
||||||
g. Kesenian
|
||||||
5.1 Membimbing siswa dalam
mengungkapkan ide/perasaan/pikiran melalui media seni
|
||||||
5.2 Mengembangkan
kreatifitas membangun rasa keindahan siswa
|
||||||
5.3 Mendemonstrasikan atau
membimbing siswa dalam melatih keterampilan berkesenian
|
||||||
5.4 Mengelola pembelajaran
yang mengkaitkan berbagai media seni dan/media seni dengan mata pelajaran
lain
|
||||||
Rata-rata 5g = T
|
||||||
6.
|
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
|
|||||
6.1 Melaksanakan penilaian proses selama pembelajaran
|
||||||
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pmbelajaran
|
||||||
Rata-rata Butir 6 = U
|
||||||
7.
|
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
|
|||||
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
|
||||||
7.2 Penggunaan bahasa Indoesia lisan
|
||||||
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
|
||||||
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
|
||||||
Rata-rata Butir 7 = V
|
||||||
Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup,
4=baik, 5=baik sekali
NILAI APKG 2 = K
K = P + Q + R + S + T + U + V
7
K = ......+ ...... + ........+
........+ ........+ ............+ ...........
7
K = ........
7
K = ........
Semarang,....................
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Mahasiswa Praktikkan
NIP...........................
NIM............................
0 Response to "Alat Penilaian Kemampuan Guru"
Post a Comment