'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – Ùˆَالسٌلام عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Guru Dikelas



Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran (Sumber Belajar).
  • Menyiapkan sumber belajar yang diperlukan secara lengkap
  • Motivasi: a. Mengawali pelajaran dengan ceria; b. Menunjukkan kegunaan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dibahas dalam kehidupan sehari-hari atau hubungannya dengan mata pelajaran yang lain, c. Memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan siswa untuk memecahkannya
  • Apersepsi.: Mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.
  • Kejelasan Kompetensi Dasar/ Indikator: Menyampaikan baik lisan maupun tertulis KD/Indikator yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.
  • Kesiapan bahan ajar (Sumber Belajar. Menyiapkan bahan ajar, baik berupa buku teks, modul, kaset/cd pembelajaran, dsb.
Penguasaan Materi
  • Mantap, percaya diri, dan tidak ragu-ragu dalam menyajikan pembelajaran.
  • Pertanyaan-pertanyaan siswa dijawab dengan tepat.
  • Kebenaran konsep-konsep yang disampaikan.
Pengelolaan Kelas
  • Pengelolaan kelas.: a. Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan guru; b. Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi antar teman; c. Terdapat kemudahan bagi siswa bahan ajar, dan alat-alat pembelajaran ( Sumber Belajar)

Pengelolaan waktu.
  • Pengelolaan Waktu: a. Menggunakan waktu sesuai alokasi yang disediakan.
  • Waktu yang tersedia lebih banyak digunakan untuk kegiatan siswa dibandingkan dengan kegiatan guru
Metode Pembelajaran
  • Metode/pendekatan Pembelajaran: a. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa; b. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan secara tertib dan sistematis; c. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi.
Penggunaan Alat Bantu
  • Penggunaan alat bantu/ media pembelajaran. Terampil, efektif, dan efisien dalam menggunakan alat bantu/ media pembelajaran (Sumber Belajar) yang telah disiapkan
Guru Sebagai Fasilitator
  • Peran guru sebagai fasilitator: a. Memberi kesempatan/ memfasilitasi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan dalam upaya pencapaian indikator/kompetensi dasar; b. Selalu siap membantu siswa bila diperlukan.
Teknik Bertanya
  • Teknik bertanya: a. Mengajukan pertanyaan kepada semua siswa; b. memberi waktu tunggu bagi siswa untuk berpikir; c. Menghindari jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa untuk menjawab; d. Dalam menanggapi pertanyaan/ jawaban siswa, sikap guru menunjukkan sabar mendengarkan sampai selesai (tidak memotong pertanyaan/jawaban siswa), e. Tidak mencemooh siswa walaupun pertanyaan/jawaban siswa kurang tepat, dan tidak langsung menyalahkan pendapat siswa f. Memberi penghargaan pada pertanyaan yang berbobot/ jawaban yang tepat
Teknik Menulis di Papan Tulis
  • Penggunaan papan tulis: a. Menuliskan hal-hal yang segera dihapus, dan yang tidak dihapus sampai akhir pembelajaran, b. Menulis pokok-pokok penting saja.c. Teknik menulis tidak membelakangi siswa.
Interaksi
  • Interaksi guru –peserta didik. Hubungan guru dan siswa dalam pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati
  • Interaksi antar peserta didik: Hubungan antar siswa dalam pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati;
  • Aktivitas peserta didik. Seluruh siswa aktif melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran
Menilai Sikap Siswa
  • Sikap dan minat peserta didik dalam pembelajaran a. Jumlah siswa yang hadir > 95 %; b. Sebagian besar ( > 75%) siswa membawa buku pelajaran yang relevan.; c. Sebagian besar (>75%) siswa tampak mencatat
Pencapaian KD/ Indikator
  • Pertanyaan-pertanyaan guru yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran/indikator/KD, baik yang disampaikan selama pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, sebagian besar ( > 75%) dapat dijawab oleh siswa dengan baik.
Merangkum Pelajaran
  • Siswa membuat rangkuman dibimbing oleh guru. Tugas untuk pertemuan berikutnya
  • Guru memberikan tugas (PR/baca buku/mencari informasi, dsb) untuk pertemuan berikutnya.
Demikianlah hal-hal yang mesti dilakukan oleh Guru dalam mengajar di kelas, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[aps]
Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Guru Dikelas"