Realitas Pendidikan Indonesia: John Dewey, Ilmuan Pendidikan Modern
Oleh: Muhammad Akbar
Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas Ilmu Keolahragaan
Universitas
Negeri Makassar
Akbarusamahbinsaid.@gmail.com
John
Dewey lahir di Burlington sekitar tahun 1859 dan merupakan warga Negara amerika
serikat. Selain dikenal sebagai filsuf, John dewey juga dikenal sebagai
kritikus dibidang social, dia juga seorang pemikir dalam dunia pendidikan.
John Dewey akhirnya diakui sebagai Bapak pendidikan modern setelah
N.E.A.atau National Endowment for the Arts memberi penghargaan tertinggi kepada
karya – karya yang sudah diciptakannya. Dampak besar mengenai perubahan
dalam dunia pendidikan diterapkannya pada sekolah –sekolah setelah dia
membaca teori evolusi yang disampaikan oleh Charles Darwin. John Dewey
yang begitu terinspirasi akan teori evolusi, akhirnya menulis suatu teori
pendidikan dan demokrasi yang didasarkan pada teori evolusi.
Teori pendidikan yang
diutarakan Dewey tidak akan begitu mudah diterima oleh masyarakat jika saat itu
masyarakat tidak bisa menerima teori evolusi yang disampaikan oleh Darwin. Dan
untungnya, teori Darwin diterima diberbagai belahan dunia, sehingga memudahkan
teori John Dewey diterima masyarakat. Teori Darwin membantu memperkuat ide
relativisme danNpositivisme yang telah ada selama berabad-abad dan akhirnya
diperkuat oleh John Dewey.
Ide-ide yang
dikembangkan oleh John Dewey adalah ide-ide demokrasi evolusi dan pendidikan
evolusi serta hukum evolusi . Dalil yang digunakan John Dewey yaitu mereka
memiliki ide-ide mereka sebagai dasar premis bahwa tidak ada yang konstan. John
Dewey mengatakan satu-satunya yang konstan hanyalah perubahan untuk kebaikan ,
yaitu positivisme . Dia tidak mengukur hal-hal dari setiap standar mutlak, tapi
dari persepsi relatif berdasarkan keinginan manusia.
Untuk itu John Dewey
aktif melakukan kritikan terhadap pola pendidikan tradisional yang memiliki
sifat determinasi. Dia lebih mengedepankan bagaimana membentuk kehidupan yang
berdemokrasi yang nantinya akan dilakukan secara sistematis dalam social dan
politik. Untuk itu John Dewey menyarankan agar pendidikan lebih berfokus pada
akademik yang berfungsi untuk mengembangkan demokrasi di sekolah, yang dibangun
berdasarkan adanya sikap toleransi, melaksanakan pola berpikir kreatif
yaitu menemukan solusi bagi permasalahan yang ada.
John Dewey juga
memiliki pemikiran bahwa pendidikan yang berdasarkan cara berpikir
kreatif sangat penting dalam membantu mengubah dan memperbarui suatu
masyarakat. Pendidikan juga berfungsi untuk peningkatan inteligensi dan
mengembangkan keberanian dalam kehidupan sehari –hari.
Semoga Bermamfaat,
Jazakumullahu Khairan@
0 Response to "Realitas Pendidikan Indonesia: John Dewey, Ilmuan Pendidikan Modern"
Post a Comment