Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Ibadah Praktis (Sholat)
1.
Berniat
Niat letaknya di dalam hati.
2.
Takbiratul ihram
§
Mengucapkan Allahu Akbar.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَبَّرَ
لِلصَّلَاةِ جَعَلَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ فَعَلَ مِثْلَ
ذَلِكَ وَإِذَا رَفَعَ لِلسُّجُودِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَإِذَا قَامَ مِنْ
الرَّكْعَتَيْنِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ . رواه أبو داود
Dari Abu Hurairah
bahwasanya dia berkata : "Adalah Rasulullah apabila beliau bertakbir untuk shalat beliau
menjadikan kedua tangannya sejajar dengan kedua bahu beliau dan apabila beliau
beliau ruku' beliau berbuat seperti itu dan apabila beliau bangkit (dari ruku')
untuk sujud beliau berbuat seperti itu dan apabila beliau bangkit dari rakaat
yang kedua beliau berbuat seperti itu." (HR. Abu
Daud dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Mengangkat kedua tangan sejajar dengan kedua
bahu (H.1) atau sejajar dengan kedua telinga (H.2).
عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا كَبَّرَ رَفَعَ
يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ
حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ
فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ. رواه مسلم
Dari Malik bin Al
Huwairits bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam apabila beliau bertakbir
beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua
telinganya dan apabila beliau ruku' beliau mengangkat kedua tangannya hingga
sejajar dengan kedua telinganya dan apabila beliau mengangkat kepalanya dari
ruku' lalu mengucapkan sami'allahu liman hamidah beliau juga berbuat seperti
itu." (HR. Muslim)
§
Jari-jari tangan tidak direnggangkan dan tidak
pula dirapatkan (H.3).
غن أبي عامر العقدي ، ثنا ابن أبي ذئب ،
عن سعيد بن سمعان ، قال : دخل علينا أبو هريرة مسجد بني زريق ، فقال : ثلاث كان
رسول الله صلى الله عليه وسلم يعمل بهن تركهن الناس : كان إذا قام إلى الصلاة قال هكذا - وأشار أبو عامر
بيده ، ولم يفرج بين أصابعه ولم يضمها
Dari Abu Amir al Aqdy dia berkata: telah
menyampaikan kepada kami Ibnu abi Dzi’b dari Said bin Sam’an dia berkata: Abu
Hurairah pernah mendatangi di mesjid Bani Zuraiq lalu beliau berkata : “Tiga
perkara yang dahulu Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam mengamalkannya dan sekarang
manusia meninggalkannya. Adalah beliau apabila beliau masuk ke dalam shalat
beliau berbuat begini – Abu Amir mencontohkan dengan tangannya dimana dia tidak
menjarangkan antara jari-jarinya dan tidak pula merapatkannya. (HR. Al Hakim dan dia menshahihikannya
dan disepakati oleh Adz Dzahabi, Al Albani juga menshahihkan hadits
ini).
3.
Membaca doa iftitah
Dapat memilih salah satu doa
diantara doa-doa iftitah yang diriwayatkan secara shahih dari Rasulullah .
Beberapa contoh doa iftitah :
اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ
كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ
خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ
اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ
“Ya Allah jauhkanlah
antara aku dan dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjauhkan antara tinur dan
barat. Ya Allah sucikanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana sucinya kain yang
putih dari noda. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan salju dan air dan
embun.” (HR. Bukhari dan Muslim)
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ
وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرَكَ
“Maha Suci Engkau Ya Allah
dan dengan Pujimu dan berberkahlah NamaMu dan tinggilah KemuliaanMu dan tidak
ada Ilah selainMu.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh
Al Albani)
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ
كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
“Allah Maha Besar dan
segla puji bagi Allah dengan sebanyak-banyaknya dan Maha Suci Allah diwaktu
pagi dan diwaktu petang.” Ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam mendengar seorang sahabat
membaca doa tersebut beliau bersabda : “Saya kagum dengan doa ini, telah
dibukakan baginya pintu-pintu langit.” (HR. Muslim)
الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا
مُبَارَكًا فِيهِ
“Segala puji bagi Allah
dengan pujian yang banyak
lagi baik dan berberkah padanya.” Ketika Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam mendengar seorang sahabat membaca doa ini beliau bersabda :
“Sungguh saya telah melihat dua belas malaikat bersegera kepadanya (mereka
berlomba) siapa diantara mereka yang akan mengangkatnya (melaporkannya kepada
Allah). (HR. Muslim)
4.
Membaca surah Al Fatihah
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
Dari Ubadah bin
Ash Shamit bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabd : “Tidak
ada shalat bagi orang yang tidak membaca surat al Fatihah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
§
Dimulai dengan ta’awwudz karena surah Al Fatihah
adalah bagian dari Al Quran. Beberapa contoh bacaan ta’awwudz :
§
فَإِذَا
قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
“Maka apabila engkau akan
membaca Al Quran maka berlindunglah kepada Allah dari syaithan yang terkutuk.” (QS. An Nahl : 98)
§
عَنْ أَبِي
سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ :كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ
كَبَّرَ ثُمَّ يَقُولُ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ
وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرَكَ ثُمَّ يَقُولُ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ ثَلَاثًا ثُمَّ يَقُولُ اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا ثَلَاثًا أَعُوذُ
بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ مِنْ هَمْزِهِ
وَنَفْخِهِ وَنَفْثِهِ ثُمَّ يَقْرَأُ
Dari Abu Said Al
Khudri
dia berkata : Adalah Rasulullah apabila beliau shalat di waktu malam beliau
bertakbir kemudian beliau membaca (yang artinya) : “Maha Suci Engkau Ya Allah
dan dengan Pujimu dan berberkahlah NamaMu dan tinggilah KemuliaanMu dan tidak
ada Ilah selainMu.” Kemudian beliau membaca “la ilaha illallah” 3X kemudian
membaca “Allahu akbar kabira (3X) aku berlindung kepada Allah Yang Maha
Mendengar lagi Maha Mengetahui dari syaitan yang terkutuk; dari kesurupannya
dan dari kesombongannya dan dari syairnya” kemudian beliau membaca (Al
Fatihah).” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh al
Albani)
§
عن ابن
جبير بن مطعم ، عن أبيه ، قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل الصلاة
قال : « الله أكبر كبيرا ، والحمد لله كثيرا - ثلاثا - سبحان الله بكرة وأصيلا -
ثلاثا - أعوذ بالله من الشيطان الرجيم ، من نفخه ، وهمزه ، ونفثه
Dari anak Jubair bin
Muth’im dari bapaknya dia berkata : Adalah Rasulullah apabila beliau masuk ke
dalam shalat beliau membaca : Allahu Akbar kabira walhamdulillahi katsira (3X),
aku berlindung kepada Allah dari syaithan yang terkutuk; dari kesombongannya
dan dari kesurupannya dan dari syairnya. (HR. Ibnu
Hibban dan dishahihkan oleh Al Albani)
§
Membaca basmalah dengan siir (tidak
mengeraskan suara) baik dalam shalat-shalat siir maupun dalam shalat-shalat
jahar.
Hadits 'Aisyah
radhiyallahu’anhu dia berkata:
كان
رسول الله
يستفتح الصلاة يالتكبير والقراءة بالحمد لله رب العالمين
"Adalah Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam memulai sholat dengan takbir dan (memulai) bacaan
dengan Alhamdulillahi rabbil 'alamin." (HR.
Bukhari-Muslim).
§
Hadits Anas radhiyallahu’anhu :
أن النبي و أبا بكر و عمر كانوا يفتتحون الصلاة بالحمد لله رب العالمين
"Bahwasanya Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam dan Abu Bakar dan Umar, mereka memulai shalat
dengan Alhamdulillahi rabbil 'alamin." (HR.
Bukhari-Muslim)
§
Dalam riwayat ِAhmad,
An-Nasa'i dan Ibnu Khuzaimah disebutkan :
لا يجهرون ببسم
الله الرحمن الرحيم
“Mereka tidak menjaharkan
Bismillahirrahmanirrahim.”
§
Mengucapkan amin baik sebagai imam,
ma’mum ataupun shalat sendiri.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوا
فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا
تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ . رواه البخاري ومسلم
Dari Abu Hurairah
bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : "Apabila imam
mengucapkan amin maka ucapkanlah amin karena sesungguhnya barangsiapa yang
bertepatan aminnya dengan aminnya malaikat diampunkan baginya dosanya yang
telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)
§
Terdapat khilaf dalam masalah wajibkah ma’mum
membaca Al Fatihah dalam shalat-shalat yang jahar. Pendapat yang rajih adalah
bahwa ma’mum tetap wajib membacanya dalam shalat jahriyyah
عَنْ
عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ كُنَّا خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ فَقَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَثَقُلَتْ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةُ فَلَمَّا فَرَغَ
قَالَ لَعَلَّكُمْ تَقْرَءُونَ خَلْفَ إِمَامِكُمْ قُلْنَا نَعَمْ هَذًّا يَا
رَسُولَ اللَّهِ قَالَ لَا تَفْعَلُوا إِلَّا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَإِنَّهُ
لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِهَا . رواه أبو داود و أحمد
Dari Ubadah bin Ash Shamit
dia berkata : "Kami pernah shalat subuh di belakang Rasulullah
maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam membaca lalu terasa berat bagi
beliau bacaannya, maka ketika selesai beliau berkata : "Barangkali kalian
membaca di belakang imam kalian ?" Kami menjawab : "Benar wahai
Rasulullah, dengan cepat." Beliau bersabda : "Jangan kalian lakukan,
kecuali dengan fatihatul kitab (surat Al Fatihah) karena sesungguhnya tidak sah
shalat bagi orang yang tidak membacanya." (HR.
Abu Daud dan Ahmad dan dihasankan oleh Tirmidzi dan Al Albani).
Kecuali seorang yang masbuq
yang tidak sempat lagi membaca Al Fatihah namun mendapatkan ruku’ ketika imam
sedang ruku’ maka dia dianggap mendapatkan raka’at tersebut :
عَنْ أَبِي بَكْرَةَ أَنَّهُ انْتَهَى
إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ رَاكِعٌ فَرَكَعَ
قَبْلَ أَنْ يَصِلَ إِلَى الصَّفِّ فَذَكَرَ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ زَادَكَ اللَّهُ حِرْصًا وَلَا تَعُدْ . رواه البخاري
Dari Abu
Bakrah bahwasanya dia sampai
kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam sementara beliau dalam keadan ruku',
maka dia pun ruku' sebelum sampai ke shaf, lalu dia menyebutkan hal itu kepada
Rasulullah
maka beliau bersabda : "Semoga Allah menambah keinginanmu (untuk
mendapatkan kebaikan) dan jangan kamu ulangi (buru-buru mengejar shalat dan
ruku' sebelum sampai ke shaf)." (HR. Bukhari)
5.
Membaca surah setelah Al Fatihah.
§
Membaca surah setelah Al Fatihah pada rakaat
pertama dan kedua adapun pada rakaat ketiga dan keempat hanya membaca Al
Fatihah saja.
§
Bacaan pada rakat pertama lebih panjang dari
pada bacaan pada rakaat kedua.
o عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ
أَبِيهِ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي
الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ
الْآيَةَ أَحْيَانًا وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
وَسُورَتَيْنِ وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ
الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ . رواه البخاري
ومسلم
Dari
Abdullah bin Abi Qatadah dari bapaknya, dia berkata : "adalah Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam membaca pada dua rakaat yang pertama dari shalat
zhuhur surat Al Fatihah dan dua surat yang dipanjangkannya pada rakaat yang
pertama dan dipendekkannya pada rakaat yang kedua, dan kadang-kadang beliau
memperdengarkan ayat yang dibacanya, dan adalah beliau membaca pada shalat
ashar surat Al Fatihah dan dua surat dan beliau memenjangkan pada rakaat
pertama dan adalah beliau memanjangkan (bacan) pada rakaat pertama pertama
shalat subuh dan memendekkan pada rakaat yang kedua." (HR. Bukhari dan Muslim)
o عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ
أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي
الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ
الْكِتَابِ وَسُورَةٍ وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا وَيَقْرَأُ فِي
الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ . رواه مسلم
Dari
Abdullah bin Abi Qatadah dari bapaknya bahwasanbya Nabi Shallallahu’alaihi wa
sallam membaca pada dua rakaat yang pertama dari shalat zhuhur dan ashar Al
Fatihah dan surat, dan kadang-kadang beliau memperdengarkannya kepada kami, dan
beliau membaca Al Fatihah pada dua rakaat yang terakhir." (HR. Muslim)
6.
Ruku’
§
Bertakbir ketika akan ruku’ (H.4) sambil
mengangkat kedua tangan seperti saat takbiratul ihram (H.1 & H.2).
عَنْ أَبُي حُمَيْدٍ
قَالَ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ
فَكَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ حِينَ كَبَّرَ لِلرُّكُوعِ
ثُمَّ رَكَعَ وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ كَأَنَّهُ قَابِضٌ عَلَيْهِمَا
وَوَتَرَ يَدَيْهِ فَنَحَّاهُمَا عَنْ جَنْبَيْهِ وَلَمْ يُصَوِّبْ رَأْسَهُ
وَلَمْ يُقْنِعْهُ . رواه أبو داود
Dari Abi Humaid dia
berkata : "Aku yang paling tahu diantara kalian tentang shalatnya
Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam , sesungguhnya Rasulullah berdiri lalu
bertakbir dan mengangkat kedua tangannya, kemudian beliau mengangkat kedua
tangannya ketika bertakbir untuk ruku', kemudian beliau ruku' dan meletakkan
kedua tangannya pada kedua lututnya seakan-akan beliau menggenggam keduanya dan
beliau melengkungkan kedua tangannya dan menjauhkan keduanya dari kedua sisi
badannya dan belaiu tidak mengangkat kepalanya dan tidak pula
menundukkannya." (HR. Abu Daud dan disahihkan
oleh Al Albani)
§
Meletakkan dan menggenggamkan kedua telapak
tangan di kedua lutut (H.4) dengan merenggangkan jari-jari tangan (H.5, H.6)
serta manjauhkan kedua siku dari sisi-sisi badan (H.4).
عن وائل بن حجر أن النبي صلى الله عليه و سلم كان إذا ركع
فرج بين أصابعه و إذا سجد ضم أصابعه
Dari Wail bin Hujr
bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam apabila ruku' beliau menjarangkan
antara jari-jari(tangan)nya dan apabila beliau sujud beliau merapatkan
jari-jari(tangan)nya." (HR. Hakim dan Ibnu Majah
dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Meratakan pungung.
عَنْ وَابِصَةَ بْنَ مَعْبَدٍ يَقُولُ
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَكَانَ
إِذَا رَكَعَ سَوَّى ظَهْرَهُ حَتَّى لَوْ صُبَّ عَلَيْهِ الْمَاءُ لَاسْتَقَرَّ .
رواه ابن ماجه
Dari Wabishah bin Ma'bad
dia berkata : "Saya melihat Rasulullah
Shallallahu’alaihi wa sallam shalat, maka apabila beliau ruku' beliau
meratakan punggungnya sehingga apabila dituangkan di atasnya air sungguh air
itu akan tinggal." (HR. Ibnu Majah dan disahihkan
oleh Al Albani).
§
Tidak mengangkat kepala dan tidak pula
menundukkannya (H.4).
§
Tuma’ninah, yaitu berdiam dengan tenang pada
satu posisi sebelum berpindah kepada posisi berikutnya (H.6)
عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله عليه
وسلم قال إذا ركعت فضع راحتيك على ركبتيك ثم فرج بين أصابعك ثم امكث حتى يأخذ كل
عضو مأخذه . رواه ابن حبان
Dari Abdullah bin Umar
Radiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :
"Apabila engkau ruku' maka letakkanlah kedua telapak tanganmu di atas
kedua lututmu kemudian jarangkanlah antara jari-jarimu kemudian tinggallah
sampai semua anggota tubuh mengambil tempatnya."
(HR. Ibnu Hibban dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Membaca doa ruku’. Beberapa contoh doa ruku’ :
o
سُبْحَانَ
رَبِّيَ الْعَظِيمِ
Artinya : “Maha Suci
Tuhanku Yang Maha Agung” (dibaca 3X). (HR. Abu Daud dan dishahihkan Al
Albani)
o
سُبُّوحٌ
قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ
Artinya : “Yang Maha Suci
(dari segala keburukan) Yang Maha Suci (dari segala yang kotor) Tuhannya para
malaikat dan Tuhannya Ar Ruh (malaikat Jibril).” (HR. Muslim)
o
سُبْحَانَكَ
اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي
Artinya : “Maha Suci
Engkau Ya Allah Tuhan kami dan dengan PujiMu Ya Allah ampunilah aku.” (HR.
Bukhari dan Muslim)
§
Boleh membaca tasbih lebih dari 3X.
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ
عِنْدَ الْمِائَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى
فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ
آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا
تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ
تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ
رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ
ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ
رَبِّيَ الْأَعْلَى فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ
Dari
Hudzaifah dia berkata : “Aku pernah shalat bersama Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam pada suatu malam maka beliau membuka dengan surah
Al Baqarah maka aku berkata beliau akan ruku’ pada ayat ke 100, ternyata beliau
melanjutkan, maka aku berkata beliau akan menyelesaikan Al Baqarah dalam satu
rakaat lalu beliau melanjutkan ( bacaan beliau) maka aku berkata beliau akan
ruku’ (pada akhir Al Baqarah), kemudian beliau membaca surah An Nisa kemudian
beliau membaca surah Ali Imran maka
beliau membacanya dengan perlahan, apabila beliau melewati ayat yang di
dalamnya tasbih beliau bertasbih dan apabila beliau melewati ayat permintaan
beliau meminta dan apabila beliau melewati ayat ta’awwudz beliau meminta
perlindungan, kemudian beliau ruku’ dan membaca subhana rabbiyal ‘azhim, maka
adalah ruku’nya seperti panjamgnya berdirinya, keudian beliau membaca
sami’allahu liman hamidah lalu beliau berdiri panjang seperti panjangnya
ruku’nya, kemudian beliau sujud dan membaca subhana rabbiyal a’la maka adalah
sujudnya seperti panjangnya berdirinya.” (HR. Muslim)
7. Bangkit
dari ruku’ (i’tidal)
§
Mengangkat kedua tangan seperti saat takbiratul
ihram (H.1, H.2) sambil mengucapkan sami’allahu liman hamidah bagi imam
dan orang yang shalat sendiri, adapun ma’mum maka cukup mengucapkan rabbana
wa lakal hamdu jika imam membaca sami’allahu liman hamidah.
عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا
جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا
فَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا رَفَعَ فَارْفَعُوا وَإِذَا قَالَ سَمِعَ
اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَإِذَا صَلَّى
قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا وَإِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا
أَجْمَعُونَ . رواه البخاري ومسلم
Dari Anas bin Malik
bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam bersabda : "Sesungguhnya dijadikan imam untuk diikuti, maka apabila dia shalat berdiri maka
shalatlah kalian dengan berdiri dan apabila dia ruku' maka ruku'lah kalian, dan
apabila dia bangkit maka bangkitlah kalian dan apabila dia mengucapkan
sami'allahu liman hamidah ucapkanlah rabbana wa lakalhamdu, dan apabila dia
shalat berdiri maka shalatlah kalian dengan berdiri dan apabila dia shalat
duduk maka shalatlah kalian semua sambil duduk."
(HR. Bukhari dan Muslim)
§
Terdapat ikhtilaf diantara para ulama tentang
posisi tangan saat berdiri i’tidal apakah diletakkan di atas dada (H.9 &
H.10) atau digantungkan ke bawah (H.8). Pendapat yang rajih dalam masalah ini
adalah disunnahkan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada
(bersedekap) pada saat berdiri i’tidal.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَدَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ
عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَدَّ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ السَّلَامَ فَقَالَ ارْجِعْ فَصَلِّ
فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ فَصَلَّى ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ ثَلَاثًا
فَقَالَ وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ فَمَا أُحْسِنُ غَيْرَهُ فَعَلِّمْنِي
قَالَ إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ
مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ
حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ
ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا
ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا . رواه البخاري ومسلم
Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu
bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa
sallam masuk ke dalam masjid lalu masuk pula seorang laki-laki dan melaksanakan
shalat, kemudian dia datang memberi salam pada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam maka Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab
salamnya dan berkata : "Ulangi shalatmu karena sesungguhnya kamu belum
shalat," kemudian orang itu datang lagi dan memberi salam kepada Nabi maka beliau berkata : "Ulangi shalatmu
karena sesungguhnya kamu belum shalat," tiga kali, maka orang itu berkata
: "Demi Yang Mengutusmu dengan kebenaran, aku tidak tahu selain dari itu
maka ajarkanlah aku." Beliau berkata : "Apabila engkau berdiri untuk
shalat maka bertakbirlah kemudian bacalah apa yang mudah bagimu dari Al
Qur-an kemudian ruku'lah sampai engkau
tenang dalam keadaan ruku' kemudian bangkitlah hingga engkau tegak lurus
berdiri kemudian sujudlah hingga engkau tenang dalam keadaan sujud kemudian
bangkitlah hingga engkau tenang dalam keadaan duduk kemudian sujudlah hingga engkau tenang dalam
keadaan sujud kemudian lakukanlah yang seperti itu dalam seluruh
shalatmu." (HR. Bukhari dan Muslim)
عَنْ وائل بن حجر قَالَ رَأَيْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ قَائِمًا فِي
الصَّلَاةِ قَبَضَ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ . رواه النسائي
Dari Wail bin Hujr
dia berkata : "Saya melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam
apabila beliau berdiri di dalam shalat beliau menggenggamkan tangan kanannya
atas tangan kirinya." (HR. Nasa-i dan disahihkan
oleh Al Albani)
عن وائل بن حجر قال صليت خلف رسول الله
صلى الله عليه وسلم فكبر حين دخل ورفع يديه
وحين أراد أن يركع رفع يديه وحين رفع رأسه من الركوع رفع يديه و وضع كفيه.
رواه أحمد
Dari Wail
bin Hujr dia
berkata : "Saya pernah shalat di belakang Rasulullah Shallallahu’alaihi wa
sallam, maka beliau bertakbir ketika masuk (ke dalam shalat) dan mengangkat
kedua tangannya, dan ketika akan ruku' beliau mengangkat kedua tangannya, dan
ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku' beliau mengangkat kedua tangannya
dan meletakkan kedua telapak tangannya." (HR.
Ahmad dengan sanad yang sahih)
§
Membaca doa i’tidal. Beberapa contoh doa i’tidal
:
o رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
“Ya Tuhan kami, bagiMu
segala puji.” (HR. Bukhari dan Muslim )
o رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ
“Ya Tuhan kami dan bagiMu
segala puji.” (HR. Bukhari dan Muslim)
o اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
“Ya Allah Tuhan
kami, bagiMu segala puji.” (HR. Bukhari)
o اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ
السَّمَاوَاتِ وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ
“Ya Allah Tuhan kami,
bagiMu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa yang Engkau
kehendaki dari sesuatu.” (HR. Muslim)
o رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا
طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ
“Ya Tuhan kami dan bagiMu
segala puji, pujian yang banyak yang
baik yang berberkah padanya. ” (HR. Bukhari)
8.
Sujud
§
Terdapat ikhtilaf diantara para ulama tentang
cara menyungkur sujud setelah berdiri i’tidal, antara mendahulukan kedua tangan
sebelum kedua lutut atau sebaliknya.
Pendapat yang rajih dalam masalah ini adalah mendahulukan kedua tangan sebelum
kedua lutut.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا
يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيرُ وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ .
رواه أبو داود
Dari Abu
Hurairah Radiyallahu’anhu dia berkata : Bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam : "Apabila salah seorang dari kalian sujud maka janganlah dia
turun seperti turunnya unta, hendaklah dia meletakkan kedua tangannya sebelum
kedua lututnya." (HR. Abu Dawud dan disahihkan
oleh Al Albani)
§
Bersujud di atas tujuh tulang.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ
أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ
وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَلَا نَكْفِتَ الثِّيَابَ
وَالشَّعَرَ . رواه البخاري ومسلم
Dari Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu dia berkata : Bersabda Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam : Aku diperintahkan untuk sujud di atas tujuh
tulang ; atas jidat – sambil beliau menunjuk dengan tangannya ke hidungnya –
dan kedua tangan dan kedua lutut dan atas ujung-ujung kedua kaki dan agar kita
tidak mengumpulkan (menggulung) pakaian dan rambut." (HR. Bukhari dan Muslim)
§
Meletakkan kedua telapak tangan di atas tanah
sejajar dengan kedua bahu (H.11 & H.12).
عَنْ الْبَرَاءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ . رواه مسلم
Dari Al Bara' dia berkata : Bersabda Rasulullah
Shallallahu’alaihi wa sallam : "Apabila engkau sujud maka letakkanklah
kedua tanganmu dan angkatlah kedua sikumu." (HR.
Muslim)
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا سَجَدَ أَمْكَنَ أَنْفَهُ وَجَبْهَتَهُ مِنْ
الْأَرْضِ وَنَحَّى يَدَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ حَذْوَ منكبيه .
رواه الترمذي
Dari Abu Humaid As Sa'idiy bahwasanya Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam apabila beliau sujud beliau meletakkan hidungnya
dan jidatnya di tanah dan menjauhkan kedua tangannya dan kedua lambungnya dan
meletakkan kedua tapak tangannya sejajar dengan kedua bahunya. (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Mengangkat kedua siku (tidak merapatkan kedua
siku di tanah) (H.11) dan manjauhkannya dari lambung.
عن ميمونة قالت : كان النبي
صلى الله عليه وسلم إذا سجد يجافي حتى لو
أن بهمة أرادت أن تمر بين يديه مرت
Dari Maimunah radhiyallahu 'anha bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa
sallam apabila beliau sujud beliau
menjauhkan (antara kedua tangannya) sehingga sekiranya ada anak kambing yang
hendak lewat diantara kedua tangan beliau pasti dia dapat melewatinya. (HR. Muslim dan Abu ‘Uwanah)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَالِكٍ ابْنِ بُحَيْنَةَ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ
حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ إِبْطَيْهِ . رواه البخاري ومسلم
Dari Abdullah bin Malik bin Buhainah bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam
apabila beliau shalat beliau menjarangkan antara kedua tangannya hingga
terlihat ketiak beliau. (HR. Bukhari dan Muslim)
§
Merapatkan jari-jari tangan (H.5) dan
menghadapkannya ke kiblat.
عن البراء بن عازب رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم
إذا سجد فوضع يديه بالارض استقبل بكفيه واصابعه القبلة
Dari Al Bara’ bin ‘Azib dia berkata : “Adalah Rasulullah
Shallallahu’alaihi wa sallam apabila beliau sujud beliau meletakkan kedua
tangannya di tanah dengan menghadapkan kedua tangan beliau dan jari-jari beliau
ke kiblat.” (HR. Baihaqi dan dishahihkan oleh Al
Albani)
§
Merapatkan sisi dalam kedua telapak kaki dan
menghadapkan jari-jarinya ke kiblat (H .13 & H.14).
عن عائشة قالت فقدت رسول الله سلى الله عليه و سلم وكان معي على فراشي
فوجدته ساجدأ راصا عقبيه مستقبلا بأطراف أصابعه القبلة فسمعته يقول أعوذ برضاك من
سخطك و بعفوك من عقوبتك . رواه البيهقي
Dari Aisyah radhiyallahu 'anha
dia berkata : Saya kehilangan Rasulullah padahal beliau tadinya bersamaku di atas tempat
tidurku, maka aku mendapatkannya sedang sujud dengan merapatkan kedua kakinya
dan menghadapkan ujung jari-jari kaki beliau ke kiblat, maka aku mendengar
beliau mengucapkan : "Aku berlindung dengan keridhoanMu dari kemurkaanMu
dan (aku berlindung) dengan maafMu dari hukumanMu."
(HR. Baihaqi dan disahihkan oleh Al Albani)
عَنْ أبي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيُّ قَالَ أَنَا كُنْتُ أَحْفَظَكُمْ
لِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُهُ إِذَا
كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ حِذَاءَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ
مِنْ رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرَهُ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى
يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ
مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضِهِمَا وَاسْتَقْبَلَ بِأَطْرَافِ أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ
الْقِبْلَةَ فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى
وَنَصَبَ الْيُمْنَى وَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ
الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ . رواه البخاري
Dari Abu Humaid As Sa'idi dia berkata : Aku yang paling hafal diantara
kalian shalatnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam , aku melihat beliau
apabila bertakbir beliau menjadikan kedua tangannya sejajar dengan kedua bahunya dan apabila beliau ruku' beliau
mengokohkan kedua tangannya pada kedua
lututnya, kemudian beliau meratakan punggung beliau, maka apabila beliau
mengangkat kepalanya beliau sempurnakan (berdiri) sampai semua ruas tulang
punggung kembali ke tempatnya, maka apabila beliau sujud beliau meletakkan
kedua tangannya dengan tidak merapatkan sikunya ke tanah dan tidak pula
mengumpulkannya (merapatkannya ke badannya) dan beliau menghadapkan ujung-ujung
jari kaki beliau ke kiblat , maka apabila beliau duduk pada dua rakaat beliau
duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan yang kanan dan apabila beliau
duduk pada rakaat yang terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan menegakkan
yang lain (kanan) dan beliau duduk di atas pantatnya." (HR. Bukhari)
§
Tuma’ninah dalam sujud (H.8).
§
Membaca doa sujud. Beberapa contoh doa sujud :
o سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
Artinya : “Maha Suci Tuhan kami Yang Maha Tinggi.” (HR. Abu Daud
dan dishahihkan oleh Al Albani)
o سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ
وَالرُّوحِ
Artinya : “Yang Maha Suci (dari segala keburukan) Yang Maha Suci
(dari segala yang kotor) Tuhannya para malaikat dan Tuhannya Ar Ruh (malaikat
Jibril).” (HR. Muslim)
o سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي
Artinya : “Maha Suci Engkau Ya Allah Tuhan kami dan dengan PujiMu Ya
Allah ampunilah aku.” (HR. Bukhari dan Muslim)
§
Boleh membaca tasbih lebih dari tiga kali (H.7).
9.
Duduk diantara dua sujud
§
Duduk iftirasy yaitu menduduki telapak
kaki kiri dan menegakkan telapak kaki yang kanan (H.14 & H.15).
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَسْتَفْتِحُ الصَّلَاةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ بِ الْحَمْد
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ
يُصَوِّبْهُ وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ
الرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ
رَأْسَهُ مِنْ السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا وَكَانَ
يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ
الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ الْيُمْنَى وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ
الشَّيْطَانِ وَيَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ الرَّجُلُ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ
السَّبُعِ وَكَانَ يَخْتِمُ الصَّلَاةَ بِالتَّسْلِيمِ . رواه البخاري
Dari Aisyah radiyallahu 'anha dia berkata : Adalah Rasulullah
membuka shalat dengan takbir dan (membuka) bacaan dengan alhamdulillahi
rabbil'alamin, dan apabila beliau ruku' beliau tidak mengangkat kepalanya dan
tidak pula menundukkannya akan tetapi antara keduanya, dan apabila beliau
mengangkat kepalanya dari ruku' beliau tidak sujud sampai beliau sempurna
berdiri dan apabila beliau mengangkat kepalanya
dari sujud beliau tidak sujud (kembali) sampai beliau duduk sempurna ,
dan beliau membaca pada setiap dua rakaat attahiyyah, dan adalah beliau
menduduki kakinya yang kiri dan menegakkan yang kanan dan beliau melarang dari duduk uqbatusy
syaithan dan beliau melarang seseorang merapatkan tangannya ke tanah
seperti binatang buas, dan adalah beliau menutup shalatnya dengan salam . (HR. Bukhari)
§
Boleh juga dengan cara menegakkan kedua telapak
kaki dan merapatkannya lalu duduk di atas tumit.
عن أَبي الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ طَاووُسًا يَقُولُ قُلْنَا لِابْنِ
عَبَّاسٍ فِي الْإِقْعَاءِ عَلَى الْقَدَمَيْنِ فَقَالَ هِيَ السُّنَّةُ . رواه
مسلم
Dari Abu Az Zubair bahwasanya dia mendengar Thawus berkata : Kami
bertanya kepada Ibnu Abbas Radiyiallahu ‘anhu tentang duduk iq'aa di atas kedua
kaki (menegakkan kedua kaki lalu duduk di atas kedua tumit) maka dia berkata:
"Dia itu sunnah." (HR. Muslim)
§
Dilarang duduk uqbatusy syaithan, dan
bentuknya ada dua :
ü
Merapatkan punggung telapak kaki ke lantai dan
menduduki kedua tumit.
ü
Menegakkan kedua telapak kaki dan duduk diantara
keduanya di atas tanah dan meletakkan kedua tangannya di tanah.
§
Meletakkan tangan kanan di atas paha kanan atau
lutut kanan dan tangan kiri di atas paha kiri atau lutut kiri.
o عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
الْمُعَاوِيِّ قَالَ رَآنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ وَأَنَا أَعْبَثُ
بِالْحَصَى فِي الصَّلَاةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ نَهَانِي وَقَالَ اصْنَعْ كَمَا
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ فَقُلْتُ
وَكَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ قَالَ
كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلَاةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخْذِهِ
الْيُمْنَى وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي
الْإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخْذِهِ الْيُسْرَى . رواه مسلم
Dari Ali bin Abdurrahman Al Mu'awi dia berkata : Abdullah bin Umar
melihatku sementara aku mempermainkan kerikil dalam shalat, maka tatkala dia
telah selesai dia melarangku dan berkata : "Lakukanlah seperti apa yang
dilakukan oleh Rasulullah ," maka aku bertanya : "Bagaimana
yang dilakukan oleh Rasulullah ?" Dia berkata : "Adalah beliau
apabila beliau duduk dalam shalat beliau meletakkan tangan kanannya di atas
paha kanannya dan beliau menggenggam jari-jari beliau semuanya dan berisyarat
dengan jari setelah ibu jari (yaitu jari telunjuk) dan beliau meletakkan tangan
kiri beliau di atas paha kiri beliau." (HR.
Muslim)
o عَنْ أَبي حمَيْدٍ قَالَ َاَنَا أَعْلَمُكُمْ
بِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَلَسَ يَعْنِي لِلتَّشَهُّدِ
فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَأَقْبَلَ بِصَدْرِ الْيُمْنَى عَلَى قِبْلَتِهِ
وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى رُكْبَتِهِ الْيُمْنَى وَكَفَّهُ الْيُسْرَى
عَلَى رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ يَعْنِي السَّبَّابَةَ. رواه
الترمذي
Dari Abu Humaid dia berkata : "Aku yang paling tahu
diantara kalian tentang shalatnya Rasulullah , sesungguhnya
Rasulullah
duduk untuk tasyahhud maka beliau duduk di atas kaki kirinya dan menghadapkan
punggung telapak kaki kanannya ke kiblat dan meletakkan tangan kanannya di atas
lututnya yang kanan dan tangan kirinya
di atas lututnya yang kiri dan beliau berisyarat dengan jari telunjuknya." (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Membaca doa duduk diantara dua sujud. Beberapa
contoh doa duduk diantara dua sujud :
o
اللهم اغفر
لي وارحمني وعافني واهدني وارزقني
“Ya Allah ampunilah aku dan rahmatilah aku dan selamatkanlah aku (dari
kecelakaan dunia dan akhirat / dari penyakit lahir dan batin) dan tunjukilah
aku dan berikanlah rezki kepadaku.” (HR. Abu Daud dan
dishahihkan oleh Al Albani)
o
اللهم اغفر
لي وارحمني واجبرني واهدني وارزقني
“Ya Allah ampunilah aku dan rahmatilah aku dan cukupkanlah aku dari
kefakiranku dan tunjukilah aku dan berilah rezki kepadaku.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan
oleh Al Albani)
o
رب اغفر لي
وارحمني واجبرني وارزقني وارفعني .
“Tuhanku, ampunilah aku dan rahmatilah aku dan cukupkanlah aku dari
kefakiranku dan berilah rezki kepadaku dan angkatlah (derajat)ku.” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani)
o
رب اغفر لي
رب اغفر لي
“Tuhanku, ampunilah aku. Tuhanku, ampunilah aku.”(HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani). Doa ini dapat dibaca
berulang-berulang.
10.
Bangkit dari sujud
§
Bangkit dari sujud sambil bertakbir (H.16).
عَنْ أَيُّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ جَاءَنَا مَالِكُ بْنُ
الْحُوَيْرِثِ فَصَلَّى بِنَا فِي مَسْجِدِنَا هَذَا فَقَالَ إِنِّي لَأُصَلِّي
بِكُمْ وَمَا أُرِيدُ الصَّلَاةَ وَلَكِنْ أُرِيدُ أَنْ أُرِيَكُمْ كَيْفَ
رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي قَالَ أَيُّوبُ
فَقُلْتُ لِأَبِي قِلَابَةَ وَكَيْفَ كَانَتْ صَلَاتُهُ قَالَ مِثْلَ صَلَاةِ
شَيْخِنَا هَذَا يَعْنِي عَمْرَو بْنَ سَلِمَةَ قَالَ أَيُّوبُ وَكَانَ ذَلِكَ
الشَّيْخُ يُتِمُّ التَّكْبِيرَ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ عَنْ السَّجْدَةِ
الثَّانِيَةِ جَلَسَ وَاعْتَمَدَ عَلَى الْأَرْضِ ثُمَّ قَامَ . رواه البخاري
Dari Ayyub dari Abu Qilabah
dia berkata : "Datang kepada kami Malik bin Al Huwairits lalu beliau
mengimami kami di mesjid kami ini lalu dia berkata : "Sesungguhnya aku
akan shalat dengan kalian dan tidaklah aku menginginkan shalat akan tetapi aku
ingin memperlihatkan kepada kalian bagaimana aku melihat Nabi
shalat," berkata Ayyub : "Aku berkata kepada Abu Qilabah : "Bagaimana shalatnya?" Dia
berkata : "Seperti shalatnya syaikh kita ini," maksudnya 'Amr bin
Salamah, berkata Ayyub : "Dan adalah syaikh tersebut menyempurnakan takbir,
dan apabila dia mengangkat kepalanya dari sujud kedua dia duduk dan bertelekan
di atas tanah kemudian berdiri," (HR. Bukhari)
§
Disunnahkan duduk istirahat, yaitu duduk sejenak
setelah bangkit dari sujud sebelum berdiri ke raka’at berikutnya (H.16 &
H.17). Dibolehkan langsung berdiri setelah bangun dari sujud menuju ke rakaat
berikutnya. Sebagaimana atsar Ibnu Mas’ud dari Abdurrahman bin Yazid dia
berkata : saya memperhatikan Abdullah bin Mas’ud dalam shalat maka saya
melihatnya langsung berdiri dan tidak duduk pada rakaat pertama dan ketiga.”
(HR. Thabrani dan Baihaqi dengan sanad yang shahih sebagaimana yang dikatakan
Al Baihaqi dan An Nawawi). Ibnu Abi Syaibah juga meriwayatkan dari sahabat Ali,
Ibnu Mas’ud dan Ibnu Umar – dengan sanad yang shahih sebagaimana dikatakan Al
Albani – bahwa mereka mereka langsung
bangkit dalam shalat dan tidak duduk istirahat.
عَنْ
مَالِكُ بْنُ الْحُوَيْرِثِ اللَّيْثِيُّ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلَاتِهِ لَمْ
يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا. رواه البخاري
Dari Malik bin Al
Huwairits Al Laitsi bahwasanya dia
melihat Rasulullah shalat, maka apabila beliau berada pada
rakaat ganjil dari shalatnya beliau tidak bangkit sampai beliau duduk sempurna." (HR. Bukhari)
§
Bertelekan di atas tanah ketika akan berdiri menuju rakaat berikutnya (H.16) dan
disunnahkan dengan cara mengepalkan kedua telapak tangan.
Dari Al Arzaq bin
Qais dia berkata : Saya melihat Ibnu Umar bertelekan dengan mengepalkan tangan
dalam shalat apabila dia bangkit, maka aku menanyakan kepadanya lalu dia menjawab : "Saya
melihat Rasulullah
melakukannya." (HR. Abu Ishaq Al Harbi,
berkata Al Albani sanadnya baik)
11.
Tasyahhud awal
§
Duduk tasyahhud awal dengan cara iftirasy yaitu
menduduki kaki kiri dan menegakkan yang kanan (H.14 & H.15).
§ Membaca
at-tahiyyat.
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ وَكَانَ يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ
يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ الْيُمْنَى . رواه مسلم
Dari Aisyah radhiyallahu 'anha dia berkata : ……dan adalah beliau
mengucapkan pada setiap dua rakaat attahiyyah dan adalah beliau duduk di atas
kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya." (HR.
Muslim)
§
Beberapa contoh bacaan tahiyyat :
o التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ
السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا
إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
Artinya
: “Segala pengagungan hanya untuk Allah dan
(demikian pula) segala doa/shalat dan perkataan/perbuatan yang baik.
Semoga keselamatan atasmu wahai Nabi dan rahmat Allah serta berkahNya. Semoga
keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi
tidak ada ilah selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hambaNya dan
rasulNnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
o Seperti di atas, tapi mengganti “assalamu
‘alaika ayyuhannabiy” dengan
“assalamu ‘alannabiy”.
o التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ
الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ
مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ
Artinya
: “Segala pengagungan, keberkahan, doa,
perkataan/perbuatan yang baik hanya untuk Allah. Semoga keselamatan
atasmu wahai Nabi dan rahmat Allah serta berkahNya. Semoga keselamatan atas
kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh. Aku bersaksi tidak ada ilah selain
Allah dan bahwasanya Muhammad adalah rasul Allah.” (HR. Muslim)
§
Bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam. Masalah ini diikhtilafkan para ulama, sebagian ulama berpendapat
disyariatkan shalawat pada tasyahhud awal dan sebagian memandang tidak
disyariatkan. Pendapat yang rajih bahwa shalawat disunnahkan pada tasyahhud
awal. Beberapa contoh shalawat :
o اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى
أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ
إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
(HR. Bukhari dan Muslim)
o اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ
إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.
(HR. Muslim)
o اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ
حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
(HR. Bukhari)
o اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
(HR. Bukhari dan Muslim)
o اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ
إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
(HR. Muslim)
§
Berisyarat dengan jari telunjuk sejak awal
tasyahhud, ada beberapa cara yang disunnahkan :
ü
Berisyarat (menunjuk) dengan jari telunjuk dan
melipat jari-jari lainnya.
عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلَاةِ وَضَعَ
كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخْذِهِ الْيُمْنَى وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا
وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي الْإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى
عَلَى فَخْذِهِ الْيُسْرَى
Dari Abdullah bin
Umar Radhiallahu anhu dia berkata : "Adalah Rasulullah
Shallallahu’alaihi wa sallam apabila beliau duduk dalam shalat beliau
meletakkan tangan kanannya di atas paha kanannya dan beliau menggenggam
jari-jari beliau semuanya dan berisyarat dengan jari setelah ibu jari (yaitu
jari telunjuk) dan beliau meletakkan tangan kiri beliau di atas paha kiri
beliau." (HR. Muslim)
ü
Berisyarat dengan telunjuk, mempertemukan ujung
jari tengah dengan ujung ibu jari sehingga membentuk lingkaran dan melipat jari
manis dan jari kelingking.
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ
قَالَ :
ثُمَّ
جَلَسَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى
فَخِذِهِ الْيُسْرَى وَحَدَّ مِرْفَقَهُ الْأَيْمَنَ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى
وَقَبَضَ ثِنْتَيْنِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً وَرَأَيْتُهُ يَقُولُ هَكَذَا وَحَلَّقَ
الْإِبْهَامَ وَالْوُسْطَى وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ
Dari Wail bin
Hujr ketika menjelaskan cara shalat Nabi
Shallallahu’alaihi wa sallam: “…kemudian beliau menduduki kaki beliau yang kiri
dan meletakkan tangan kiri beliu di atas paha kiri beliau dan siku kanan beliau
di atas paha kanan beliau dan beliau menggenggam dua jari beliau dan dan
membentuk lingkaran maka aku melihat beliau berbuat begini,” lalu dia membuat
lingkaran dengan ibu jarinya dan jari tengahnya dan berisyarat dengan
telunjuk.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al
Albani)
§
Menggerak-gerakkan telunjuk ketika bertasyahhud.
Dari Wail
bin Hujr
ketika menjelaskan cara shalat Rasulullah dia berkata :
ثم قبض اثنتين من أصابعه
وحلق حلقة ثم رفع إصبعه فرأيته يحركها يدعو بها
“… kemudian
beliau menggenggam dua jari diantara
jari jemari beliau dan membuat lingkaran kemudian beliau mengangkat telunjuk
beliau maka aku melihat beliau menggerak-gerakkannya untuk berdoa dengannya…” (HR. An Nasai dan dishahihkan oleh Al Albani)
12.
Tasyahhud akhir
§
Duduk tasyahhud akhir dengan cara tawarruk yaitu
duduk meletakkan pantat di atas tanah sambil menyorong kaki kiri agak ke depan
di bawah paha kanan dan menegakkan telapak kaki kanan (H .14).
Terdapat ikhtilaf diantara
para ulama untuk shalat yang hanya berjumlah dua rakaat seperti shalat subuh,
shalat jum’at dan kebanyakan shalat-shalat sunnah apakah duduknya iftirasy ataukah
tawarruk. Pendapat yang rajih dalam masalah ini adalah bahwa duduk
tasyahhud akhir untuk shalat-shalat yang hanya dua rakaat jumlahnya adalah
duduk iftirasy. Sebagaimana disebutkan dalam (H.14) “… maka apabila
beliau duduk pada dua rakaat beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan
menegakkan yang kanan…”. Juga beberapa hadits yang bersifat mutlak seperti
hadits Aisyah radhiyallahu 'anha dia berkata : ……dan adalah beliau
mengucapkan pada setiap dua rakaat attahiyyah dan adalah beliau duduk di atas
kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya." (HR. Muslim).
§
Membaca at-tahiyyat (lihat contoh tahiyyat
pada tasyahud awal).
§
Bershalawat kepada Rasulullah (lihat contoh shalawat pada tasyahud awal).
§
Berlindung dari empat perkara setelah
bertasyahhud dan bershalawat atas nabi pada tasyahhud akhir. Sebagian ulama
mewajibkan hal ini.
عن أبي
هريرة قال قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ
أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْآخِرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا
وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
Dari Abu
Hurairah Radhiallahu anhu dia berkata: Bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi
wa sallam : “Apabila salah seorang dari
kalian selesai dari tasyahhud akhir maka hendaklah dia berlindung kepada Allah
dari empat perkara; dari adzab jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah
kehidupan dan kematian dan dari kejahatan Dajjal.”
(HR. Muslim)
§
Membaca doa setelah berlindung dari empat
perkara. Beberapa contoh doa :
o اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا
كَثِيرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ
عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّك أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Artinya : “Ya Allah sesungguhnya aku
telah menzhalimi diriku sendiri dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa
kecuali Engkau maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisiMu dan kasihilah aku
sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.” (HR. Bukhari dan
Muslim)
o اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا
أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي
أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لا إله إلا أنت
Artinya : “Ya
Allah ampunilah bagiku apa yang aku dahulukan dan apa yang akhirkan(dari
dosa-dosa, apa yang aku sembunyikan dan apa yang aku nampakkan dan apa yang
Engkau sebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang mendahulukan dan
Engkaulah yang mengakhirkan, tidak ada ilah selainMu.” (HR. Muslim)
o اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ
الْأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ
كُفُوًا أَحَدٌ أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Artinya
: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu ya Allah, Yang Maha Tunggal,
Yang kepadaNya bergantung segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula
diperanakkan dan tidak ada sesuatupun yang serupa denganNya, agar Engkau
mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pengampun lagi Maha
Pengasih.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al
Albani)
13.
Salam
§
Memalingkan wajah ke kanan kemudian ke kiri
hingga kelihatan pipi dari belakang.
§
Lafazh salam ada dua macam :
Mengucapkan
“Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah” ke kanan dan ke kiri.
عَنْ
أَبِي الْأَحْوَصِ وَالْأَسْوَدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ
حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ . رواه أبو داود
Dari Abul Ahwash dan
Al Aswad Radhiallahu anhu dari Abdullah bahwasanya Nabi Shallallahu’alaihi wa
sallam mengucapkan salam ke kanan dan ke
kiri hingga terlihat putihnya pipi beliau : Assalamu 'alaikum wa rahmatullah
Assalamu 'alaikum wa rahmatullah." (HR. Abu Daud
dan disahihkan oleh Al Albani)
§
Mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi
wa barakatuh” ke kanan dan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah” ke kiri.
عَنْ
عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ . رواه أبو داود
Dari Alqamah bin Wail dari bapaknya dia berkata : Saya pernah shalat
bersama Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, maka beliau bersalam ke kanan
Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan ke kiri Assalamu 'alaikum wa
rahmatullah. (HR. Abu Daud)
0 Response to "Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Ibadah Praktis (Sholat)"
Post a Comment