Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Konsep Tarbiyah Islamiyah
§ Pembagian Dakwah
Ø Dakwah
umum
- Khutbah
- Pelajaran-pelajaran
- Diskusi-diskusi
- Pengajian-pengajian
umum
- Majelis-majelis
ilmu
- dll
Ø Dakwah
khusus
- Tarbiyah
Sifat-sifat khas dakwah umum dan
dakwah khusus:
Dakwah Umum
|
Dakwah Khusus
|
-
Peserta banyak
|
-
Jumlah peserta terbatas
|
-
Tidak disiplin (mau datang atau tidak)
|
-
Disiplin (kehadiran terkontrol)
|
-
Sulit kontrollingnya
|
-
Mudah dalam pengontrolan
|
-
Hanya melahirkan pendukung-pendukung dakwah,
tidak bisa atau sulit menjadi da’i
|
-
Pembentukan kader
|
§ Ta’rif
Tarbiyah
Ø
Defenisi Tarbiyah
Lughah penumbuhan,
pengembangan, pembangunan
perbaikan
Pengertian
Umum
à
Menumbuhkan sesuatu dari suatu keadaan kepada
keadaan lain sampai pada kesempurnaan [ar
Raghib]
à
Mengantarkan sesuatu kepada kesempurnaannya
sedikit demi sedikit [al Baydhawy]
Pengertian
Khusus
à
Program-program yang lengkap, komprehensif yang
dibangun di atas prinsip-prinsip ajaran islam bertujuan untuk membentuk
pribadi-pribadi muslim yang ideal
à
5M
§ Unsur-unsur
Tarbiyah
1. Tafaqquh
fi ad Dien
2. Menjaga
peningkatan iman
3. Melejitkan
potensi dan mengarahkannya
4. Memberikan
tugas pengamalan, perjuangan
5. Pendidikan
khusus
-
Stimulant, penghargaan, motivasi
-
Teguran, peringatan, sanksi-sanksi pembinaan
§ Karakteristik Tarbiyah
1. Rabbaniyah
Merujuk pada nilai-nilai
rabbani dalam sumber, metode, tujuan dan sasaran
2. Salafiyah
Merujuk kepada metode,
pemahaman salaf
Ada patron as salaf as
shalih
3. Seimbang
Tidak berlebihan dalam satu
sisi
4. Syamil,
menyeluruh
Tidak hanya pada satu
bidang tugas perjuangan
Lahir kader dengan
terpenuhi dalam segala aspek
5. Berjenjang,
bertahap, berfase
Tidak satu kali saja seumur
hidup
Tidak tergesa-gesa
6. Berkesinambungan,
berlanjut
Tidak ada yang luput dari
tarbiyah
Tidak ada tamat dari
tarbiyah
§ Ruang Lingkup dan Program-program Tarbiyah
Ø
Tarbiyah Ruhani
Menumbuhkan kekuatan dan kepekaan
hati
1. Shalat
berjamaah
2. Perbaikan
bacaan al Qur’an
3. Pengarahan
murabbi
Cerdik melihat keadaan
binaan-binaan, agar tidak terpengaruh zaman
4. Materi
tazkiyah an nafs
Niat, shalat khusyu, dsb
5. Program
ziarahi saudara
Yang sakit, yang tidak
datang, musibah, dsb.
6. Mengunjungi
yang sakit
7. Mabit
bersama / hari bersama
-
Qiyam lail
-
Sahur
-
Dzikir
-
Tidak banyak ngobrol, tertawa, tetapi lebih ke
ruhiyah
Ø
Tarbiyah Intelektual
1. Materi-materi
tematik
2. Kajian
hadits
3. Menghapal
al Qur’an dan hadits
4. Latihan
ceramah ringkas
5. Problem
solving
6. Kajian
kitab, diskusi buku
7. Menghadiri
majelis-majelis ilmu
Ø
Tarbiyah Fisik
1. Olahraga
2. Check
up kesehatan
3. Rihlah
§ Marhalah Tarbiyah
Ø
Urgensi
Sesuatu yang aksioma dalam
kehidupan kita, sunnatullah. Tanpa dicari pun kita pasti sudah menemukan
dalilnya. Tidak ada yang langsung terjadi dan langsung sempurna, kecuali yang
dikehendaki oleh Allah.
-
Turunnya al Qur’an bermahalah (bertahap)
hikmah untuk menguatkan hati dengan turunnya
-
Penciptaan langit dan bumi bermarhalah
-
Penciptaan manusia bermahalah
-
Madrasah bermahalah
þ Metode
para rasul dalam dakwah
-
Dakwah sirriyah dan jahriyah
-
Dakwah setelah daulah setelah jihad
-
Wasiat Rasulullah kepada Muadz bin Jabal;
‘Wahai Muadz, engkau akan mendatangi kaum dari ahlul bait maka
jadikanlah yang pertama dalam da’wahmu Laa ilaaha illallah, dst…’
þ Penerapan
salaf dalam ta’lim
Ta’lim merupakan sarana
dakwah.
ü
Perkataan Ibnu Abbas dalam menafsirkan QS. 3 :
79
79. tidak
wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan
kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi
penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata):
"Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani[208], karena kamu selalu
mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.
[208]
Rabbani ialah orang yang sempurna ilmu dan takwanya kepada Allah subehanahu wa
Ta’ala
Ibnu Abbas berkata, makna
rabbaniyun adalah orang-orang yang mengajarkan manusia dar ilmu-ilmu yang kecil
sebelum yang besar-besar.
ü
Perkataan Ibnu Mas’ud,
Rasulullah mengajarkan kami sepuluh ayat kemudian kami menghapalkannya
kemudian mempelajari maknanya kemudian mengamalkannya. Maka kami mempelajari
dari Rasul ilmu dan amal.
ü
Perkataan Ali bin Abi Thalib,
Berbicaralah dengan manusia sesuai kadar iman mereka.
Ø
Marhalah dalam tarbiyah
1.
Marhalah ta’rif / pengenalan
membentuk pribadi mu’min,
shalih pada dirinya
2.
Marhalah takwin / pembentukan
mushlih, shalih li nafsihi
dan orang orang lain
mujahid
3.
Marhalah tanfidz / pelaksanaan
Terjun, terlibat langsung
muta’awin, kesadaran
berjuang berjamaah
mutqin, profesional
0 Response to "Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Konsep Tarbiyah Islamiyah"
Post a Comment