Modifikasi Olahraga
A. Latar Belakang Masalah
Dalam proses
belajar mengajar sehari-hari di sekolah, siswa SD masih banyak menghadapi
kendala. Kendala tersebut antara lain adalah ketersediaan lapangan olahraga
yang cukup, alat-alat yang tidak lengkap, bahkan banyak sekolah yang tidak
memiliki lahan yang dapat digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani.
Kurang lengkapnya perlengkapan dan peralatan yang dimiliki oleh sekolah
sehingga kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani kurang dapat berjalan
dengan optimal dan siswa kurang aktif dalam melakukan permainan yang diajarkan
karena banyaknya peraturan yang harus dikuasai oleh siswa, sehingga hanya
beberapa siswa saja yang dapat mengikuti olahraga. Sedangkan anak-anak lain
hanya sebagai penggembira saja, atau malah mengacaukan olahraga yang telah berlangsung.
Salah satu Aternatif yang dapat dilakukan untuk menghadapi kendala tersebut
adalah dengan melakukan penyesuaian sehingga cabang olahraga lompat jauh,
lompat tinggi, dan lompat jangkit dapat dilaksanakan di sekolah.
Adapun
penyesuaian tersebut adalah dengan melalui modifikasi. Modifikasi ini dipandang
mampu untuk mengatasi permasalahan mengenai ketersediaan arena bermain,
peralatan dan kesesuaian antara arena dengan usia dan keadaan fisik siswa,
perlengkapan yang dibutuhkan dan penyederhanaan aturan olahraga. Modifiasi ini
bertujuan untuk mengetahui bentuk model pembelajaran yang dapat dilakukan pada
olahraga lompat jauh, lompat tinggi, dan lompat jangkit di sekolah dasar dan
untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan
bentuk modifikasi.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka pertanyaan yang menjadi
batasan masalah dalam makalah ini untuk pembahasan selanjutnya adalah sebagai
berikut :
1.
Modifikasi Olahraga Lompat Jauh ?
2.
Modifikasi Olahraga Lompat Tinggi ?
3.
Modifikasi Olahraga Lompat Jangkit ?
1. Modifikasi Olahraga Lompat Jauh
A. Tehnik Dasar lompat Jauh
Lompat jauh
adalah salah satu olahraga yang diajarkan oleh guru Pendidikan Jasmani di sekolah
baik dari tingkat sekolah dasar maupun dari tingkat sekolah menengah. Tentunya
seorang guru mampu mengetahui tehnik lompat jauh sehingga guru mampu
mengajarkan secara baik pula. Dan di dalam lompat jauh terdapat tiga macam
yaitu : 1. Gaya jongkok ( tuck ) 2. Gaya mengatung ( hung style ) 3. Gaya
berjalan di udara ( walking in the air ). Yang membedakan dari gaya-gaya
tersebut adalah gerakan waktu melayang di udara. Dan tehnik dasar lompat jauh
adalah:
a. Awalan atau ancang-ancang
Tujuan ancang-ancang adalah untuk
mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan
lebih besar. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan
berekselerasi atas kecepatanya, dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan
ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik, dan juga ketepatan menumpu.
b. Tumpuan atau
tolakan
Merupakan suatu gerakan yang penting
untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna. Badan sewaktu menumpu jangan
terlalu condong seperti halnya melakukan lari/ ancang-ancang. Tumpuan harus
kuat, cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng/ goyang.
c. Melayang di udara
Gerakan melayang pada saat setelah
meninggalkan balok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan
bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara.
d. Mendarat
Gerakan-gerakan
waktu pendaratan harus dua kaki. Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah
kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan
sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si
pelompat itu sendiri.
B. Modifikasi Olahraga Lompat Jauh
Seorang guru
tidak hanya mengetahui tehnik atau materi dasar tentang lompat jauh tapi
seorang guru juga harus mengetahui tentang modifikasi-modifikasi olaharga.
Karna tidak menutup kemungkinan seorang guru mengajar di suatu sekolah yang
tidak mempunyai fasilitas-fasilitas olahraga yang dibutuhkan siswa. Sehingga
proses belajar mengajar kurang efektif di bidang olahara.
Maka itu
seorang guru mampu memodifikasi cabang olahraga yang diajarkannya. Sehingga
siswa yang diajar itu tidak bosan atau jenuh apalagi siswa yang diajar itu
adalah siswa SEKOLAH DASAR yang notabenenya kebanyakan butuh bermain. Maka dari
itu kami akan memodifikasi salah satu cabang olahraga. Sehingga guru
mendapatkan bahan untuk diajarkan di sekolah terkhusus di sekolah tingkat dasar
yaitu olahraga lompat jauh.
MODIFIKASI OLAHRAGA LOMPAT JAUH
Apabila
lapangan lompat jauh tidak ada pada suatau sekolah, maka seorang guru itu
membuat garis dengan menulis di tanah sesuai dengan bentuk lapang lompat jauh
dan ukurannya itu bisa kurang dari ukuran yang sebenarnya. Seorang guru membuat
garis dengan bentuk lapang lompat jauh lebih dari tiga sehingga guru bisa
membuat kompotisi atau perlombaan kepada siswanya. Siswa yang paling jauh
lompatannya maka itulah pemenangnya.
Seorang guru
juga bisa mengambil kardus-kardus bekas yang tidak dipakai. Kemudian kardus itu
bisa menjadi alat pengganti dari lapangan lompat jauh yang tidak ada di sekolah
yang kita ajar. Pertama-petama kardus itu di simpan kemudian siswa melompati
kardus itu secara bergantian. Sehingga siswa mampu melakukan gerak dasar dari
lompat jauh itu sendiri. Seorang guru juga bisa membuat kompotisi atau
perlombaan dari modifikasi kardus bekas ini. Dengan cara membuat lima baris
kardus, dan setiap baris kardus itu sebanyak lima sampai enam kardus kemudian
siswa melompati satu persatu gardus itu. Dan pemenangnya adalah siswa yang
pertama melompati semua kardus yang telah disiapkan. Dengan ini siswa tidak
sadar telah melaksanakan gerakan lompat jauh.
Dan salah
satu modifikasi olaharaga lompat jauh adalah dengan cara mengikat suatu benda
di ranting pohon. Kemudian setiap siswa berlari melompati benda yang telah
digantung di atas tanting pohon. Dan ukuran tinggi benda itu sesuai dari siswa
yang kita ajar. Dan dengan ini siswa mampu melaksanakan gerak dasar dari lompat
jauh iti sendiri
Sebelum guru
memberikan modifikasi ini kepada siswanya. Sebaiknya guru memberitahukan
terlebih dahulu bahwa tehnik dasar yang sebenarnya itu begini. Sehingga siswa
mengetahui materi dari lompat jauh itu sendiri.
2. Modifikasi Olahraga Lompat Tinggi
A. Tehnik Dasar Lompat Tinggi
Semua gaya
lompatan dapat dibedakan menjadi 4 tahap, yaitu :
a) Awalan, gerakan berlari menuju
mistar
b) Tolakan, gerakan kaki menumpu pada
lantai untuk menaikkan badan
c) Melayang, gaya dan kedudukan
badan ketika berada di udara dan di atas mistar.
d) Mendarat, jatuhnya badan diatas
matras.
B. Modifikasi
Olahraga Lompat tinggi
Seorang guru
tidak hanya mengetahui tehnik atau materi dasar tentang lompat tinggi tapi seorang guru juga harus mengetahui
tentang modifikasi-modifikasi olaharga. Karna tidak menutup kemungkinan seorang
guru mengajar di suatu sekolah yang tidak mempunyai fasilitas-fasilitas
olahraga yang dibutuhkan siswa. Sehingga proses belajar mengajar kurang efektif
di bidang olahara.
Maka itu
seorang guru mampu memodifikasi cabang olahraga yang diajarkannya. Sehingga
siswa yang diajar itu tidak bosan atau jenuh. Apalagi siswa yang diajar itu
adalah siswa SEKOLAH DASAR yang notabenenya kebanyakan butuh bermain. Maka dari
itu kami akan memodifikasi salah satu cabang olahraga. Sehingga guru
mendapatkan bahan untuk diajarkan di sekolah terkhusus di sekolah tingkat dasar
yaitu olahraga lompat tinggi.
MODIFIKASI OLAHRAGA LOMPAT TINGGI
Mengambil
kardus bekas lima sampai tujuh kardus bekas. Kemudian mengambil sebilah bambu
dan jeramih sebanyak yang kita butuhkan. Kemudian kardus bekas itu disusun
sesuai tinggi yang kita inginkan. Dan bilah bambu disimpan di atas kardus yang
telah disusun sedemikian rupa sehingga mempu menyerupai peralatan lompat
tinggi. Kemudian jeramih-jeramih di simpan di depan kardus yang telah disusun
sebagai pengganti dari matras. Kemudian gaya dari lompat tinggi itu sendiri
tidak ditentukan yang penting siswa mampu melompati sebilah bambu yang telah
dipasang diatas kardus bekas.
Dan mendarat
baik di atas jeramih-jeramih yang telah disiapkan di depan kardus yang telah
disusun sedemikian rupa sehingga mempu menyerupai peralatan lompat tinggi.
Sebelum guru memberikan modifikasi ini kepada siswanya. Sebaiknya guru
memberitahukan terlebih dahulu bahwa tehnik dasar yang sebenarnya itu begini.
Sehingga siswa mengetahui materi dari lompat jauh itu sendiri.
3. Modifikasi Olahraga Lompat Jangkit
A. Tehnik Dasar Lompat Jangkit Lompat
jangkit dibagi dalam beberapa tahap gerakan:ancan-ancang, ”jingkat”, ”langkah”,
”lompat’ dan mendarat.
1. Ancang-ancang
Tergantung
dari tingkat prestasi, lari ancang-ancang bervariasi antara 10 langkah(untuk
atlet pemula) dan 20 langkah(untuk atlet prifesional) Kecepatan lari
ancang-ancang semakin dipercepat sampai saat bertolak.
2. Jingkat
Kaki penolak
harus mendarat dengan aktif dan siap menyerang;ayunkan paha kaki bebas keposisi
horizontal.Bertolak ke depan dan ke atas. Untuk ’JINGKAT” yang panjang &
datar, tariklah kaki penolak ke depan-atas dan tarik kaki-bebas ke bawah dan ke
belakang. Pertahankan tubuh tetep gerak.
3. Langkah
Bertolak
dangan cepat; luruskan mata kaki, sendi dan lutut dan pinggang, ayunkan paha
kaki-bebas ke posisi horizontal. Pada waktu gerak ”LANGKAH”, posisi bertolak
dipertahankan; untuk mempersiapkan gerak ”LOMPAT”, luruskan kaki-bebas ke depan
dan ke bawah.
4. Lompat
Bertolaklah
dengan cepat; ayunkan paha kaki-bebas ke posisi horizontal. Untuk lompat jauh,
tahap melayang melibatkan teknik menggantung atau teknik melangkah. Tarik tubuh
ke depan-bawah untuk mendarat;bawa lengan ke depan.
5. Mendarat
Mendaratlah
dengan kedua kaki sejajar di pasir, Biarkan tubuh mendarat di pasir di sampng
kaki.
B. Modifikasi Olahraga Lompat Jangkit
Dalam proses belajar mengajar
sehari-hari di sekolah, siswa SD masih banyak menghadapi kendala. Kendala
tersebut antara lain adalah ketersediaan lapangan olahraga yang cukup,
alat-alat yang tidak lengkap, bahkan banyak sekolah yang tidak memiliki lahan yang
dapat digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani. Kurang lengkapnya
perlengkapan dan peralatan yang dimiliki oleh sekolah sehingga kegiatan belajar
mengajar pendidikan jasmani kurang dapat berjalan dengan optimal dan siswa
kurang aktif dalam melakukan permainan yang diajarkan karena banyaknya
peraturan yang harus dikuasai oleh siswa, sehingga hanya beberapa siswa saja
yang dapat mengikuti olahraga.
Sedangkan anak-anak lain hanya
sebagai penggembira saja, atau malah mengacaukan olahraga yang telah berlangsung.
Salah satu Aternatif yang dapat dilakukan untuk menghadapi kendala tersebut
adalah dengan melakukan modifikasi.
MODIFIKASI
OLAHRAGA LOMPAT JANGKIT
Modifikasi lompat jangkit ini hampir
sama dengan modifikasi lompat jauh. Alat yang disiapkan di olahraga lompat
jangkit itu sama dengan alat yang disiapkan di modifikasi olahraga lompat jauh.
Seperti kardus bekas yang berfungsi untuk alat yang akan dilompati siswa itu
sendiri. Yang membedakan antara modifikasi lompat jauh dan lompaat jangkt
adalah dari gerakan kan yang kita lakukan. Setelah kardus dipasang maka setiap
siswa melompati kardus itu dengan cara jangkit kemudian lompat.
Ada juga modofikasi dengan
menggunakan ban motor. Cara pelaksanaannya yaitu dengan menyusun ban motor
dengan jarak kurang lebih sekitar 50 cm dari ban satu ke ban yang lainnya. Dan
banyak ban yang disusun adalah empat sampai enam. Kemudian gerakan dari lompat
jangkit itu sendiri bisa dilakukan dari ban 1 dsn 2 menggunakan kaki kiri
kemudian ban 3 dan 4 menggunakan kaki kanan kemudian melompat. Begitu
seterusnya.
Ada juga
modifikasi menggunakan kardus dan ban motor. Cara pelaksanaannya adalah menysun
ban motor dengan jarak kurang lebih sekitar 50 cm kemudian kardus dipasang di
depan ban motor itu sendiri. Dan cara pelaksanaannya adalah ban 1 dsn 2
menggunakan kaki kiri kemudian ban 3 dan 4 menggunakan kaki kanan kemudian
melompati kardus itu sendiri. Dan begitu seterusnya.
A. Kesimpulan
Anak-anak belum memiliki kematangan
fisik dan emosional seperti orang dewasa. Berolahraga dengan peralatan dan
peraturan yang dimodifikasi akan mengurangi cedera pada anak. Olahraga yang
dimodifikasi akan mampu mengembangkan keterampilan anak lebih cepat dibanding
dengan peralatan standard untuk orang dewasa, dan . Olahraga yang dimodifikasi
menumbuhkan kegembiraan dan kesenangan pada anak-anak dalam situasi kompetitif.
B. Saran
Semoga
makalah ini menjadi bahan pembelajaran kepada pembaca sehingga dapat dipraktekkan
di lapangan nanti pada saat mengajar.
Semoga Bermamfaat, Shukran Jazakallah Khairan@
0 Response to "Modifikasi Olahraga"
Post a Comment