Motivasi Hidup: Kiat Bekerja Cerdas
Otak Anda adalah mesin yang luar biasa, penuh dengan
lapisan-lapisan potensial yang menunggu untuk dibuka dan diakses. Dalam era
pekerjaan yang super sibuk ini, sangat mudah kita berpikiran bahwa kerja keras
dan konstan adalah etos kerja yang dibutuhkan.
Salah satu tanda yang jelas dari seseorang yang bekerja
cerdas adalah bahwa mereka tidak bekerja lebih banyak dari orang lain.
Orang-orang yang bekerja cerdas tidak perlu menghabiskan lebih banyak jam kerja
– mereka telah dengan bijaksana menghabiskan waktu kerja mereka yang
didelegasikan dan juga telah dengan bijaksana memanfaatkan waktu diluar jam
kerja.
Penelitian telah menunjukkan bahwa otak kita didesain untuk
bekerja lebih cerdas dibanding keras – kita hanya harus bersedia untuk mengubah
kebiasaan kita seputar cara kita bekerja dan belajar. Jika anda siap untuk
merubah pola anda dan mulai membuat kemajuan nyata melalui optimalisasi cara
anda bekerja serta meningkatkan efektivitas waktu yang anda gunakan, bacalah
terus artikel ini. Tips ini akan membantu anda untuk bekerja lebih cerdas,
bukan lebih keras. Tips ini telah didukung oleh penelitian dan anda dapat mulai
memasukkannya ke dalam rutinitas harian anda hari ini.
Beristirahatlah. Penelitian memberitahu kita melalui ritme ultradian bahwa
otak kita hanya bisa fokus tanpa istirahat selama sekitar 90 menit. Jika kita
perlu mengambil istirahat kecil, mungkin 15 menit atau lebih, setiap 90 menit
bekerja, maka kita akan menyegarkan dan mempertajam otak kita. Sebuah periode
istirahat kecil dari otak akan membantu otak untuk mengatur ulang fungsinya
bahkan pada tingkat yang lebih tinggi setelah kita kembali bekerja sehabis
istirahat.
Lakukan kreativitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki
hobi kreatif di luar tempat kerja tampil lebih
baik ketika mereka bekerja. Orang-orang ini lebih siap untuk kreatif memecahkan
masalah di tempat kerja.
Mengatur ulang daftar pekerjaan yang harus dilakukan (to do
list). Nah,
pertama-tama, miliki daftar ini. Idealnya, anda harus menulisnya pada malam
sebelum pekerjaan dimulai. Tapi begitu anda memilikinya, daftar pekerjaan ini
belum akan membantu anda untuk bekerja lebih cerdas. Sebaliknya, mulailah
daftar anda dengan hal-hal yang paling penting untuk dilakukan pertama kali.
Cobalah untuk membatasi hal-hal yang paling penting sebanyak tiga pekerjaan
selama satu hari. Setelah itu baru dilanjutkan dengan tugas-tugas yang kurang penting.
Energi segar anda di pagi hari harus anda gunakan untuk menyelesaikan
tugas-tugas penting, sementara anda dapat menangani tugas-tugas yang lebih
mudah di kemudian hari.
Buatlah batasan. Jangan bersedia bekerja sepanjang waktu. Tetapkan
batas-batas mengenai berapa banyak kehidupan pribadi anda masuk ke dalam
pekerjaan anda, begitu juga sebaliknya. Jangan menjawab email kerja ketika anda
telah berada di rumah dan juga tidak membiarkan hal-hal rumah tangga untuk
mengganggu pekerjaan anda terus-menerus.
Identifikasi pembuang waktu. Apakah anda menemukan bahwa anda
diam bekerja dan masuk ke media sosial terlalu sering? Atau mungkin anda
terlibat dalam percakapan non-pekerjaan terlalu gampang dan terlalu lama?
Identifikasi hambatan yang datang antara anda dan produktivitas anda dan
hilangkan mereka. Anda dapat mengejar ketertinggalan dengan media sosial dan
percakapan di waktu berikutnya, waktu yang memang telah anda sisihkan.
Semoga Bermamfaat,
Shukran Jazakallah Khairan@
0 Response to "Motivasi Hidup: Kiat Bekerja Cerdas"
Post a Comment