'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Keutamaan Berperilaku Jujur Dalam Hidup



Keutamaan berperilaku jujur akan memiliki efek baik kepada hidup kita. Mungkin memang kita tidak akan merasakannya sekarang, tapi pasti beberapa tahun lagi atau bahkan mungkin nanti ketika kita sudah meninggal dunia dan dibangkitkan lagi di akhirat kelak. Terlepas dari apa yang akan kita dapatkan baik sekarang atau nanti, hidup dengan cara yang jujur baik itu berbuat atau berkata akan membuat dunia ini lebih baik dan jauh lebih transparan dibanding sebelumnya.

Keutamaan Berperilaku Jujur yang Bisa Didapatkan Seseorang Baik di Dunia Atau di Akhirat
Berperilaku jujur pernah dikatakan keuntungannya oleh Mark Twain yang merupakan seorang penulis. Dia mengatakan bahwa jika kita berkata atau berbuat jujur, maka kita tidak perlu mengingat apapun karena kita hanya mengatakan atau melakukan apa yang benar dan tidak mengada-ada sehingga tidak diperlukan usaha untuk mengingat apa yang kita lakukan. Ketika berbohong, kita akan membuat banyak alasan yang mungkin akan kita lupakan keesokan harinya sehingga jika ada yang bertanya maka kita harus berusaha keras untuk mengingat apa yang terjadi atau apa yang sudah kita katakan.
Pilihan untuk berperilaku jujur nampaknya kini sudah mulai banyak ditinggalkan oleh orang-orang mengingat mereka kini banyak yang mengejar kekayaan yang fana, mengejar materi yang tak akan pernah ada habisnya. Jika kita ingin mencapai kebahagiaan yang hakiki, maka berhentilah berkata ataupun berbuat dusta, dan mulailah jujur baik kepada diri sendiri atau kepada Allah subhanahu wata’ala dan berperilaku sebagai hamba-Nya.
Ketika kita memulai hidup yang jujur, maka kita akan mendapatkan jalan yang dipermudah oleh Allah subhanahu wata’ala. Kejujuran sebagai suami yang bertanggung jawab untuk menafkahi secara halal, sebagai istri yang menjadi tempat berteduh suami, hingga munkin sebagai pemimpin yang akan selalu menjadikan musyawarah sebagai cara penyelesaian berbagai macam hal. Apa Saja yang Bisa Didapat Ketika Kita Berkata Atau Berbuat Jujur Kepada Diri Sendiri dan Allah subhanahu wata’ala?
Setiap perbuatan yang kita lakukan tidak akan sia-sia di mata Allah subhanahu wata’ala, dan begitu juga dengan kejujuran. Allah subhanahu wata’ala menjanjikan beberapa keutamaan berperilaku jujur yang bisa kita dapat selama hidup kita, jika dan hanya jika kita berhenti berkata dan berbuat penuh dusta. Hal-hal tersebut antara lain adalah:
     A.    Jujur adalah tiket surga
Lewat sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa nabi Muhammad Rasulullah pernah bersabda mengenai bagaimana kejujuran seseorang akan membawa mereka ke surga sementara kebohongan akan menarik mereka ke dalam neraka Allah.
     B.     Orang yang jujur disukai orang-orang lain
Keuntungan dari menjadi jujur adalah kita akan disukai oleh banyak orang seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Hadist itu bercerita bahwa Heraklius bertanya apa yang menyebabkan banyak pengikut Rasulullah kepada Abu Sofyan, dan jawabannya adalah kejujuran.
     C.    Derajat tertinggi seseorang bisa diraih dengan menjadi jujur
Hadist yang diriwayatkan Muslim menceritakan bahwa mereka yang mati jujur maka akan tergolong sebagai syuhada.
     D.    Kejujuran membawa keberkahan
Bukhari dan Muslim pernah meriwayatkan hadist yang isinya tentang bagaimana orang yang berjual-beli dengan jujur akan dirahmati oleh Allah subhanahu wata’ala.
     E.     Dengan jujur, akan menjadi tenang
Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah memberitahu, bahwa sesungguhnya mereka yang bohong akan terus ragu dan yang jujur akan hidup dalam ketenangan. Mungkin dari banyaknya kelebihan lain inilah salah satu yang paling baik di antara keutamaan berperilaku jujur.
            Semoga kita senantiasa bersemangat untuk memiliki sikap yang jujur dalam kehidupan kita dan bukankah kejujuran dalam hidup itu memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Wallahu taala a’alam…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Berperilaku Jujur Dalam Hidup"