'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun” (HR. Muslim, Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)
Jangan lewatkan Saudaraku tanggal 23 Agustus sampai 1 September 2017 mengajak semua yang kita kenal untuk ber-amal sebanyak-banyaknya. Dan diantara amal-2 baik yang bisa kita optimalkan di hari-2 tersebut adalah sebagai berikut :
1. Puasa 9 hari di awal Dzulhijjah atau minimal 1 hari di tanggal 9 Dzulhijjah.
Dari istri beliau bertutur :
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya …” (HR. Abu Daud)
Yuk, manfaatkan tanggal 23 Agustus sampai 31 Agustus 2017 dengan puasa, jika mampu, kalau tidak bisa sembilan hari, bisa lebih sedikit jumlahnya, atau minimal jangan pernah untuk tidak ber-puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu puasa Arofah_.. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim).

2. Memperbanyak untuk membaca takbir, tahlil dan tahmid, mulai tanggal 1 s/d tanggal 13 Dzulhijjah
Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :
"Maka perbanyaklah pada hari-2 itu untuk membaca tahlil, takbir dan tahmid" (HR. Ahmad)
3. Memberi ta'jil untuk orang yang berbuka puasa.
4. Membaca alquran, jika mampu, usahakan sampai hatam 30 juz dalam periode 10 hari.
5. Dan mengoptimalkan untuk melakukan segala kebaikan ;
Dzikir, do'a, infaq, silaturrahim dan yang lainnya serta men-jauhi segala bentuk kemungkaran
6. Pada tanggal 10 dzulhijah melakukan shalat 'Id Al Ad-ha
7. Ber-qurban dengan minimal 1 ekor kambing untuk 1 keluarga.
8. Puncak dari semua Amal sholeh yang paling utama dalam periode ini adalah melaksanakan ibadah haji.
Pahala orang yang mengajak pada kebaikan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda (yang artinya) :
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim).
Makassar 21 Agustus 2017
Muhammad Akbar bin Zaid, S.Pd
Wallahu a’lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah"