'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Profil Desa Tanete Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap



A.   KEADAAN GEOGRAFIS
Desa Tanete Kecamtan Marittengngae Kabupaten Sidrap merupakan suatu desa dari lima desa yang ada di Kecamtan Marittengngae dengan luas wilayah 4,56 Ha.
Letak geografis dari Desa Tanete yaitu :
Sebelah Utara berbatasan dengan kelurahan Rijang Pittu dan Lautang Benteng
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Allakuang
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Takkalasi
Sebelah Timur berbatasan dengan Kec. Watang Pulu
            Desa Tanete terbagi atas tiga Dusun yaitu :
1.    Dusun 1
2.    Dusun 2
3.    Dusun 3
Desa Tanete terleak 3 km dari ibukota kecamatan dan 3 km dai ibukota kabupaten, sedangkan jarak dari ibukota provinsi adalah 200 km.

PETA WILAYAH DESA WIRING TASI

B.   KEADAAN DEMOGRAFIS
1.    Penduduk
            Berdasarkan data kelurahan kondisi demografis Desa Tanete Kecamtan Marittengngae Kabupaten Sidrap tediri dari ± 2.928 jiwa penduduk. Desa Tanete terdiri atas tiga dusun masing-masing Dusun 1 (326) KK, dan Dusun 2 (233) KK, Dusun 3 (178) KK Penduduk desa mayoritas suku bugis adapun bahasa yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah bahasa Bugis dan bahasa indonesia.
2.    Pendidikan
            Pendidikan di Desa Tanete adalah bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk mempertinggi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian dan semangat kebangsaan sehingga dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa.
Dalam rangka mencerdaskan bangsa serta meningkatkan partisipasi sekolah pendudukan tentunnya harus diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.
Tingkat pendidikan masyarakat didesa wiring tasi sudah tergolong baik, terdapat satu TK satu, SD satu, SMP/Sederajat satu dan SMA/Sederajat satu.
3.    Agama
            Ditinjau dari segi agama, mayoritas penduduk Desa Tanete beragama Islam (98%), adapun agama yang lain Kristen dan Hindhu Budha. Namun sebagian besar  masyarakat di Desa Tanete mendalami kegiatan keagamaan, contohnya mesjid selalu digunakan sholat lima waktu, dan sholat jumat.
4.    Sosial Budaya dan Adat istiadat.
Secara umum keadaan sosial budaya  Desa Tanete sudah mengalami perkembangan, hal ini dapat dilihat dari adanya Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Menengah Pertama serta berdirinya Pondok Pesantren yang berada di Desa Tanete. Selain itu perhatian masyarakat tentang pendidikan juga sudah lebih baik dimana anak-anak di Desa Tanete sebagian besar disekolahkan d SD, SMP, SMA, dan bahkan sudah terdapat beberapa beberapa generasi muda desa ini melanjutkan
pendidikan pendidikannya di kota (Pare-Pare, Sidrap dan Makassar).
Adanya listrik menjadikan sebagian besar masyarakat Desa Tanete dapat menikmati sarana telekomunikasi seperti Televisi dan radio yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi, dimana hal ini kemudian memperlancar transformasi budaya dan ilmu pengetahuan.
Kegotong royongan masyarakat sangat jelas dijumpai. Hal ini dipengaruhi oleh adanya rasa kebersamaan diantara mereka. Namun demikian, adat istiadat yang turun temurun masih sangat erat dipegang oleh sebagian besar masyarakat Desa Tanete, hal ini dapat dilihat dari acara-acara adat yang dilakukan masyarakat.
5.    Keadaan Sosial Ekonomi
Keadaan sosial ekonomi masyarakat Desa Tanete yaitu peternak, nelayan, pegawai negeri sipil, dan pegawai swasta. Keadaan sosial ekonomi yang sangat mapan dimana Desa Tanete adalah sentral peternakan ayam dikabupaten sidrap dengan ternak ayam yang begitu banyak. Lancarnya transportasi darat menuju kota yang ada di sulawesi selatan atau pun diluar untuk dapat menjual barang dan jasa.
6.  Kesehatan
Status kesehatan Desa Tanete adalah desa menuju sehat. Sebagai desa menuju sheat, Desa Tanete memiliki Dua (2) Posyandu dan satu (1) Poskesdes. Desa Tanete tidak terdapat puskesmas dan rumah sakit, oleh karena itu semua kegiatan pelayanan kesehatan dibawahi oleh puskesmas pangkajene yang berada di Ibukota Kecamatan Marittengngae.

Sumber: KKN REGULER ANGKATAN XXXV UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KECEMATAN MARITENGNGAE KABUPATEN SIDRAP 2016

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Desa Tanete Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap"