Materi Khutbah Terlengkap 2017: Tema: Antara Sunnah, Bidah Dan Taklid
Khutbah Pertama:
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ
نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ
أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ
لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ
اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ. يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ
فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا
اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ
مُّسْلِمُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ
الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا
رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ
وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ
ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ
أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ
فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛ فَإِنَّ
أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى
الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ
بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ. اَللَّهُمَّ
صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ
تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Ikhwan fillah rahimakumullah…..
Merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk menuntut
ilmu Al-Qur’an dan As-Sunnah agar kita dapat meghindari dan menolak
syubhat di dalam memahami dien Islam ini. Telah kita sepakati bersama bahwa
hanya dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah kita dapat selamat dan tidak akan tersesat.
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa
Salam bersabda:
تَرَكْتُ فِيْكُمْ
أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا، كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ
نَبِيِّهِ.
"Aku tinggalkan pada kalian dua perkara, jika
kalian berpegang teguh dengan keduanya kalian tidak akan sesat selama-lamanya
yaitu: Kitabullah dan sunnah NabiNya”. (Hadist Riwayat Malik secara mursal (Al-Muwatha, juz 2, hal. 999).
Syaikh Al-Albani mengatakan dalam
bukunya At-Tawashshul anwa’uhu wa ahkamuhu, Imam Malik meriwayatkan
secara mursal, dan Al-Hakim dari Hadits Ibnu Abbas dan sanadnya hasan, juga
hadist ini mempunyai syahid dari hadits jabir telah saya takhrij dalam Silsilah
Ahadits As-Shahihah no. 1761).
Adakah pilihan lain agar kita
termasuk dalam orang-orang yang selamat dan agar umat Islam ini memperoleh
kejayaan lagi selain mengikuti Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman para Salafus
Shalih? tentu tidak ada, karena sebenar-benar ucapan adalah Kalamullah,
sebaik-baik petunjuk adalah sunnah Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam dan
sebaik-baik generasi adalah generasi sahabat yang telah Allah puji dan Allah
ridhai.
Suatu kebahagiaan kiranya jikalau
kita termasuk dalam golongan yang selamat, golongan Tha’ifah Manshurah
(kelompok yang mendapat pertolongan) dari Allah.
Ikhwan fillah rahimakumullah
Kebanyakan ummat Islam, kini terjebak
dalam taklid buta. Terkadang suatu anjuran untuk mengikuti dan berpegang teguh
pada Al-Qur’an dan sunnah serta memalingkan jiwa dari selain keduanya dianggap
sebagai seruan yang mengajak kepada pelecehan pendapat para ulama dan
menghalangi untuk mengikuti jejak para ulama atau mengajak untuk menyerang
perkataan mereka. Padahal tidak demikian yang dimaksudkan, bahkan harus
dibedakan antara mengikuti Nabi semata dengan pelecehan terhadap pendapat para
ulama. Kita tidak boleh mengutamakan pendapat seseorang di atas apa yang telah
dibawa oleh beliau dan tidak juga pemikirannya, siapapun orang tersebut.
Apabila seseorang datang kepada kita membawakan suatu hadits, maka hal pertama
yang harus kita perhatikan adalah keshahihan hadits tersebut kemudian yang
kedua adalah maknanya. Jika sudah shahih dan jelas maknanya maka tidak boleh
berpaling dari hadits tersebut walaupun orang disekeliling kita menyalahi kita,
selama penerapannya juga benar.
Para Imam ulama salaf yang dijadikan panutan umat, mencegah para pengikutnya mengikuti pendapat
mereka tanpa mengetahui dalilnya. Di antara ucapan Abu Hanifah: “Tidak halal
bagi seseorang untuk mengambil
pendapat kami sebelum dia mengetahui
dari mana kami mengambilnya.” Kemudian:
“Bila saya telah berkata dengan satu pendapat yang
telah menyalahi kitab Allah ta’ala dan sunah Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam
, maka tinggalkanlah pendapatku.”
Sedangkan mayoritas ummat Islam
sekarang ini mereka berkata, “Ustadz saya berkata.”
Padahal sudah datang kepada mereka
firman Allah dalam surat Allah Hujarat ayat 1:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan
RasulNya.”
Ibnu Abbas berkata. “Hampir-hampir
saja diturunkan atas kalian batu dari langit. Aku mengataklan kepada kalian,”
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda, tetapi kalian mengatakan, Abu
Bakar berkata, Umar berkata.”
Firman Allah dalam surat 7 ayat 3:
“Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu
mengikuti pemimpin-pemimpin selainNya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran
(dari padaNya).”
Kemudian salah satu penyakit umat
Islam sekarang ini disamping taklid buta adalah banyaknya para pelaku bid’ah.
Dan di antara sebab-sebab yang membawa terjadinya bid’ah adalah:
1. Bodoh tentang hukum agama dan sumber-sumbernya
Adapun sumber-sumber hukum Islam
adalah Kitabullah, sunnah RasulNya dan ijma’ dan Qiyas. Setiap
kali zaman berjalan dan manusia bertambah jauh dari ilmu yang haq, maka
semakin sedikit ilmu dan tersebarlah kebodohan. Maka tidak ada yang mampu untuk
menentang dan melawan bi’dah kecuali ilmu dan ulama. Apabila ilmu dan ulama
telah tiada dengan wafatnya mereka, bi’dah akan mendapatkan kesempatan dan
berpeluang besar untuk muncul dan berjaya dan tokoh-tokoh bid’ah bertebaran
menyeret umat ke jalan sesat.
2. Mengikuti hawa nafsu dalam masalah hukum
Yaitu menjadikan hawa nafsu sebagai
sumber segalanya dengan menyeret/membawa dalil-dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah untuk
mendukungnya, dalil-dalil tersebut dihukumi dengan hawa nafsunya. Ini adalah
perusakan terhadap syari’at dan tujuannya.
“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan
hawa nafsunya sebagai ilah-nya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan
ilmuNya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan
tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk
sesudah Allah (membiar-kan sesat) ...” (Al-Jatsiyah: 23).
3. Fanatik buta terhadap pemikiran-pemikiran orang
tertentu
Fanatik buta terhadap pemikiran
orang-orang tertentu akan memisahkan antara seorang muslim dari dalil dan
al-haq. Inilah keadaan orang-orang yang fanatik buta pada zaman kita sekarang
ini, Mayoritas terdiri dari pengikut sebagian madzhab-madzab, sufiyyah
dan quburiyyun (penyembah-penyembah kuburan), yang apabila mereka diseru
untuk mengikuti Al-Kitab dan As-Sunnah, mereka menolaknya. Dan mereka juga
menolak apa-apa yang menyelisihi pendapat mereka. Mereka berhujah dengan
madzab-madzab, syaikh-syaikh, kiyai-kiyai, bapak-bapak nenek moyang mereka. Ini
adalah pintu dari sekian banyak pintu-pintu masuknya bid’ah ke dalam agama
Islam ini.
4. Ghuluw (berlebih-lebihan)
Contoh dari point ini adalah madzab
khawarij dan syi’ah. Adapun khawarij, mereka ghuluw berlebihan dalam
memahami ayat-ayat peringatan dan ancaman. Mereka berpaling dari ayat-ayat
raja’ (pengharapan), janji pengampunan dan taubat sebagaimana Allah Subhannahu
wa Ta'ala berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa
syirik, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang
dikehendakiNya ...” (An-Nisa’: 48,116).
5. Tasyabuh dengan kaum kuffar
Tasyabbuh (menyerupai) kaum kuffar adalah sebab yang paling
menonjol terjatuhnya seorang kedalam bid’ah. Hal ini pulalah yang terjadi di
zaman kita sekarang ini. Karena mayoritas dari kalangan kaum Muslimin taqlid
kepada kaum kuffar pada amal-amal bid’ah dan syirik. Seperti perayaan-perayaan
ulang tahun (maulid) dan mengadakan hari-hari atau minggu-minggu khusus dan
perayaan serta peringatan bersejarah (menurut anggapan mereka) seperti:
peringatan Maulid Nabi. Isra’ Mi’raj, Nuzulul Qur’an dan yang lainnya
adalah meyerupai peringatan-peringatan kaum kuffar.
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ
فَهُوَ مِنْهُمْ.
“Barangsiapa
yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk
mereka”. (Abu Dawud).
6. Menolak bid’ah dengan bid’ah yang semisalnya atau bahkan yang
lebih rusak
Contohnya ialah kaum Murji’ah,
Mu’tazilah, Musyabibhah dan Jahmiyyah. Kaum Murji’ah memulai bid’ahnya dalam
mensikapi orang-orang yang dizamannya, mereka berkata: “Kita tidak menghakimi
mereka dan kita kembalikan urusannya kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala ”.
Hingga akhirnya mereka sampai pada pendapat bahwa maksiat tidak me-mudharat-kan
iman, sebagaimana tidak berfaedah ketaatan
yang disertai kekufuran. Al-Baghdadi berkata: “Mereka dinamakan Murji’ah karena
mereka memisahkan amal dari keimanan.”
Demikianlah, para ahlul bid’ah menjadikan
kebid’ahan-kebid’ahan yang mereka lakukan sebagai satu amalan ataupun suatu
sunnah, sedangkan yang benar-benar sunnah mereka jauhi. Padahal sesungguhnya
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam telah bersabda:
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً
لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ.
“Barangsiapa mengajarkan suatu amalan yang tidak ada keterangannya dari kami (Rasulullah), maka dia itu
tertolak.” (Hadist riwayat Muslim).
Ihwan fillah rahimakumullah
Oleh karena itu jika kita mempelajari
seluk beluk taqlid, kemudian kita pelajari hakekat kebid’ahan niscaya kita tahu
bahwa ternyata antara bid’ah dan taqlid mempunyai hubungan yang sangat erat
sekali. Jika kita perhatikan perbuatan bid’ah niscaya kita akan mengetahui
bahwa pelakunya adalah seorang muqallid. Dan kalau kita melihat seorang muqallid,
niscaya kita lihat bahwa dia tenggelam dalam kebid’ahan, kecuali bagi mereka
yang dirahmati oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Berikut ini ada beberapa sebab yang
menunjukkan bahwa taqlid itu mempunyai hubungan yang erat dengan bid’ah.
Muqallid tidak bersandar dengan dalil
dan tidak mau melihat dalil; jika dia bersandar pada dalil, maka dia tidak lagi
dinamakan muqallid. Demikian pula mubtadi’, diapun dalam
melakukan kebid’ahan tidak berpegang dengan dalil karena kalau berpegang dengan
dalil maka ia tidak lagi dinamakan dengan mubtadi’ karena asal bid’ah
adalah mengadakan sesuatu hal yang baru tanpa dalil atau nash.
Taqlid dan bid’ah adalah tempat
ketergelinciran yang sangat berbahaya yang menyimpangkan seseorang dari agama
dan aqidah. Karena dua hal tersebut akan menjauhkan pelakunya dari nash
Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan sumber kebenaran.
Taqlid dan bid’ah merupakan sebab
utama tersesatnya umat terdahulu. Allah Subhannahu wa Ta'ala menceritakan dalam
Al-Qur’an tentang Bani Isra’il yang meminta Musa Alaihissalam untuk menjadikan
bagi mereka satu ilah dari berhala, karena taqlid kepada para penyembah berhala
yang pernah mereka lewati.
FirmanNya:
“Dan kami seberangkan Bani Israil keseberang
lautan itu, maka setelah mereka sampai pada satu kaum yang telah menyembah
berhala mereka, Bani Israil berkata: “Hai Musa, buatlah untuk kami sebuah ilah
(berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa ilah (berhala)!. Musa menjawab:
“Sesungguhnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Ilah)!
“sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan
batal apa yang selalu mereka kerjakan.” (Al- A’raf: 138-139).
Sekalipun Nabi Musa Alaihissalam
melarang dan mencerca mereka dan mereka mengetahui bahwa arca itu hanyalah
bebatuan yang tidak memberi manfaat dan mudlarat, tetapi mereka tetap membikin
patung anak sapi dan menyembahnya.
Hal ini disebabkan karena taqlid yang
sudah menimpa diri mereka. Ayat ini sangat jelas menunjukkan bahaya taqlid dan
hubungannya yang sangat erat dengan kebid’ahan bahkan dengan kesyirikan dan
kekufuran. Hal inilah yang merupakan sebab kesesatan Bani Isra’il dan umat
lainnya, termasuk sebagian besar ummat Muhammad Shallallaahu alaihi wa Salam .
Terakhir adalah bagaimana cara kita untuk keluar
dari bid’ah ini
Jalan keluar dari bid’ah ini telah di
gariskan oleh Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam dalam banyak hadits. Dan
satu di antaranya adalah berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan
pemahaman para Salafus Shahih, , karena mereka adalah orang yang paling
besar cintanya kepada Allah dan RasulNya, paling kuat ittiba’nya, paling
dalam ilmunya, dan paling luas pemahamannya terhadap dua wahyu yang mulia
tersebut. Dengan cara ini seorang muslim mampu berpegang teguh dengan agamanya
dan bebas dari kotoran yang mencemari dan terhindar dari semua kebid’ahan yang
menyesatkan.
Mudah-mudahan Allah senantiasa
memberikan taufiq dan hidayahNya kepada kita semua dan kepada saudara-saudara
kita yang terjerumus dan bergelimang di dalam kebid’ahan. Mudah-mudahan pula
Allah menambah ilmu kita, menganugrahkan kekuatan iman dan takwa untuk bisa
tetap istiqomah di atas manhaj yang hak dan menjalani sisa hidup di jaman yang
penuh fitnah ini dengan bimbingan syari’at Muhammadiyah (syariat yang dibawa
oleh Muhammad Shallallaahu alaihi wa Salam ), sampai kita bertemu Allah dengan
membawa bekal husnul khatimah.
Amin ya Rabbal Alamin.
بَارَكَ
اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا
فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا
وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ.
Khutbah
Kedua
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ
وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ
أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ
هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. قَالَ
تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ
وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. قَالَ تَعَالَى: {وَمَن
يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا} وَقَالَ: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُكَفِّرْ
عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا}. ثُمَّ اعْلَمُوْا فَإِنَّ اللهَ
أَمَرَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَالسَّلاَمِ عَلَى رَسُوْلِهِ فَقَالَ: {إِنَّ اللهَ
وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ
ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا}.
اَللَّهُمَّ
صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ
وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ
وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ
إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ
وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ
وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا
وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا
اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً
وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا
وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى
الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى
مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَأَقِمِ الصَّلاَةَ.
0 Response to "Materi Khutbah Terlengkap 2017: Tema: Antara Sunnah, Bidah Dan Taklid"
Post a Comment