'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Profil Desa Takkalasi Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap



A.   KEADAAN GEOGRAFIS
Desa Takkalasi kecamatan Maritengngae kabupaten Sidrap merupakan suatu desa dari lima desa yang ada di kecamatan Maritengngae dengan luas wilayah  Ha.
Letak geografis dari desa wiring tasi yaitu :
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Tanete
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Baula
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Buae
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Allakuang
            Desa Takkalasi terbagi atas tiga Dusun yaitu :
1.    Dusun Takkalasi
2.    Dusun Kampung dare
3.    Dusun Campalagian
Desa Takkalasi terleak 5 km dari ibukota kecamatan dan 5 km dai ibukota kabupaten, sedangkan jarak dari ibukota provinsi adalah 193 km.
PETA WILAYAH DESA TAKKALASI



B.   KEADAAN DEMOGRAFIS
1.             Penduduk
          Berdasarkan data desa kondisi demografis Desa Takkalasi kecamatan maritengngae kabupaten sidrap tediri dari ±1697 jiwa penduduk. Desa Takkalasi terdiri atas tiga dusun dengan 529 KK. Penduduk desa mayoritas suku bugis adapun bahasa yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah bahasa Bugis dan bahasa indonesia.
2.             Pendidikan
          Pendidikan di desa Takklasi adalah bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk mempertinggi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian dan semangat kebangsaan sehingga dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa.
Dalam rangka mencerdaskan bangsa serta meningkatkan partisipasi sekolah pendudukan tentunnya harus diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal.
Tingkat pendidikan masyarakat di desa Takkalasi sudah tergolong baik, terdapat satu TK, dan satu SD.
3.             Agama
          Ditinjau dari segi agama, mayoritas penduduk desa Takkalasi beragama islam (1590 orang), sebagian besar  masyarakat di desa Takkalasi mendalami kegiatan keagamaan, contohnya mesjid selalu digunakan sholat lima waktu, dan sholat jumat, beragama keristen (6 orang) dan agama hindu (48 orang).
4.             Sosial Budaya dan Adat istiadat.
Secara umum keadaan sosial budaya  Desa Takkalasi sudah mengalami perkembangan, hal ini dapat dilihat dari adanya Sekolah Dasar Negeri. Selain itu perhatian masyarakat tentang pendidikan juga sudah lebih baik dimana anak-anak di Desa Takkalasi sebagian besar disekolahkan di SD, SMP, SMA, dan bahkan sudah terdapat beberapa beberapa generasi muda desa ini melanjutkan pendidikan pendidikannya di kota (Sidrap, Pare-Pare dan Makassar).
Adanya listrik menjadikan sebagian besar masyarakat Desa Takkalasi dapat menikmati sarana telekomunikasi seperti Televisi dan radio yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi, dimana hal ini kemudian memperlancar transformasi budaya dan ilmu pengetahuan.
Kegotong royongan masyarakat sangat jelas dijumpai. Hal ini dipengaruhi oleh adanya rasa kebersamaan diantara mereka. Namun demikian, adat istiadat yang turun temurun masih sangat erat dipegang oleh sebagian besar masyarakat Desa Takkalasi, hal ini dapat dilihat dari acara-acara adat yang dilakukan masyarakat.
5.             Keadaan Sosial Ekonomi
Dilihat dari tata guna tanah yang dimanfaatkan oleh penduduk desa takkalasi yang sebagian besar lahan pertanian, menunjukkan bahwa masyarakat desa takkalasi mayoritas bekerja sabagai petani. Tanaman yang dibudidayakan meliputi padi, jagung, kacang tanah dan lain-lain.
Mengingat pemasaran hasil pertanian relative dekat maka banyak juga penduduk desa yang berprofesi sebagai dengan sayur mayur. Mereka memperoleh degangannya langsung dari petani yang kemudian dipasarkan ke pasar sentral pangkajene dan pasar sentral amparita
Selain mata pencariaan diatas, penduduk desa takkalasi juga berprofesisebagai  peternak ayam, guru pensiunan, karyawan swasta, tenaga medis, dan lain-lain.
6.             Kesehatan
Status kesehatan Desa Takkalasi adalah desa menuju sehat, menurut penilaian Desa Takkalasi mencapai 61,81% sehinggan masuk dalam kategori (Desa Menuju sehat). Sebagai desa menuju sehat, Desa Takkalasi memiliki tiga (3) Posyandu dan satu (1) PUSKESDES. Desa  Takkalasi tidak terdapat puskesmas dan polindes, oleh karena itu semua kegiatan pelayanan kesehatan dibawahi oleh puskesmas Maritengngae yang berada di Ibukota Kecamatan Maritengngae.

Sumber: KKN REGULER ANGKATAN XXXV UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KECEMATAN MARITENGNGAE KABUPATEN SIDRAP 2016.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil Desa Takkalasi Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap"