13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda (bag-2)
Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu
adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin
melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan
lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda
misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas
yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara
bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan
pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada
terus menerus menunda hal tersebut.
7. Perfeksionisme membutuhkan waktu
Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa
akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu
dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang
lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.
8. Kenali waktu dimana anda lebih
produktif
Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu.
Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas
anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang
sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar
1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif
dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.
9. Cobalah untuk tidak menunda
hal-hal untuk nanti
Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah
ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu,
karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan
mengambil keputusan yang salah.
10. Hindari hal-hal yang dapat
mengalihkan perhatian anda
Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana
tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki
kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang
datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan,
tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu
dengan mereka.
12. Jangan lupa diri anda sendiri
Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan
yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama
waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda,
santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur
selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan
membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur
anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di
hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil
menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.
12. Menganalisa dimana anda
menghabiskan waktu anda
Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus
terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan
itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda.
Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat
semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang
anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak
waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki
informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan
waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu
anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan.
Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh,
setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali
dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.
13. Selalu rencanakan waktu untuk
kegiatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas
dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan
waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda
misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk
mengatasinya.
Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan
waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya,
manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat
menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi
lebih baik.
Terimah Kasih atas kunjungan Ta' semoga artikel ini
bermamfaat... @Wassalam
0 Response to " 13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda (bag-2)"
Post a Comment