13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda (bag-1)
Jika anda ingin membuat perubahan
nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar
bagaimana secara efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui
bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup.
Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu
tercipta manajemen yang tepat untuk hidup anda. Kualitas hidup anda tergantung
pada manajemen yang cerdas dari waktu anda dan bukan oleh jumlah energi yang
anda konsumsi pada apa yang anda lakukan.
Apakah anda selalu merasa kehabisan
waktu dan anda tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
Apakah anda selalu merasa bahwa anda
tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?
Apakah anda merasa bahwa anda hidup
dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?
Jika jawaban untuk salah satu
pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup anda dan
mulai menghabiskan waktu anda dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji
pada diri anda sendiri bahwa anda akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus
pada tujuan anda dan bahwa anda akan menggunakan waktu untuk kebaikan anda
sendiri.
1. Menguasai daftar hal-hal yang
harus anda lakukan (to-do lists)
To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup
tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus
diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus
menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk
menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari
tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan
tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda
kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting
bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.
2. Buat rencana SMART
(Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu
sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan.
Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa),
sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan
minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit
lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan
stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.
Baca Juga : 10 Kata Motivasi Bagi Kehidupan Anda
3. Belajarlah untuk mengatur
prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur
prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat
lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 %
dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata
lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan
tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.
4. Kunci manajemen waktu yang sukses
adalah delegasi
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba
untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat
diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka.
Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan
untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang
sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama
kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman
menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan
lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan
pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan
banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.
5. Jangan takut untuk mengatakan
‘TIDAK’
Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan
menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu
dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau
makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban
untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih
tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.
Terimah Kasih atas
kunjungan Ta' semoga artikel ini bermamfaat... @Wassalam
0 Response to "13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda (bag-1)"
Post a Comment