'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Biografi Singkat Para Sahabat Rasulullah: 'Amr Bin' Ash radhiallahu anhu.



Ada tiga orang gembong Quraisy yang amat menyusahkan Rasulullah Saw. disebabkan sengitnya perlawanan mereka terhadap da'wahnya dan siksaan mereka terhadap shahabatnya. Maka Rasulullah Saw. selalu berdo'a dan meminta kepada Tuhannya agar menurunkan adzabnya pada mereka.
Tiba-tiba sementara ia berdo'a dan meminta itu, turunlah wahyu pada kalbunya berupa ayat yang mulia ini: 
Artinya : "Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka, karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang lalim". (QS. Ali Imran: 128)
Rasulullah Saw. memahami bahwa maksud ayat itu adalah menyuruhnya agar menghentikan do'a untuk menyiksa mereka serta menyerahkan urusan mereka kepada Allah semata. Kemungkinan, mereka tetap berada dalam keaniayaan hingga akan menerima adzab-Nya. Atau mereka bertaubat dan Allah menerima taubat mereka sampai akan mempereroleh rahmat karunia-Nya.
Maka 'Amr bin' Ash adalah salah satu dari ketiga orang tersebut. Allah memilihkan bagi mereka jalan untuk bertaubat dan menerima rahmat, maka ditunjuki-Nya mereka jalan untuk menganut Islam, dan 'Amr bin' Ash pun beralih rupa menjadi seorang Muslim pejuang, dan salah seorang panglima yang gagah berani. 
Dan bagaimana pun juga sebagian dari pendiriannya yang arah pandangannya tak dapat kita terima, namun peranannya sebagai seorang sahabat yang mulia, yang telah memberi dan berbuat jasa, berjuang dan berusaha, akan selalu membuka mata dan hati kita terhadap dirinya.
Dan di sini di bumi Mesir sendiri, orang-orang yang memandang Islam itu adalah Agama yang lurus dan mulia, dan melihat pada diri Rasulnya Saw rahmat dan ni'mat serta karunia, serta penyampai kebenaran utama, yang menyeru kepada Allah berdasarkan pemikiran dan mengilhami kehidupan ini dengan sebagian besar dari kebenaran dan ketaqwaan, orang-orang yang beriman itu akan memendam rasa cinta kasih kepada laki-laki, yang oleh taqdir dijadikan alat-alat bagaimanapun untuk memberikan Islam ke haribaan Mesir, dan menyerahkan Mesir ke pangkuan Islam. 
Maka alangkah tinggi nilai hadiah itu, dan alangkah besar jasa pemberinya. Sementara laki-laki yang menjadi taqdir dan dicintai oleh mereka itu, itulah dia 'Amr bin' Ash ra.
Para ahli-ahli sejarah biasa menggelari 'Amr ra. dengan "Penakluk Mesir". Tetapi, mungkin gelar yang paling tepat untuk 'Amr ra. ini dengan memanggilnya "Pembebas Mesir". Islam membuka negeri itu bukanlah menurut pengertian yang lazim digunakan di masa modern ini, tetapi maksudnya tidak lain adalah membebaskannya dari cengkraman dua kerajaan besar yang menimpakan kepada negeri ini serta rakyatnya perbudakan dan penindasan yang dahsyat, yaitu imperium Persia dan Romawi.
Mesir sendiri, ketika pasukan perintis tentara Islam memasuki wilayahnya, merupakan jajahan
dari Romawi, sementara perjuangan penduduk untuk menentangnya tidak membuahkan hasil apa-apa. Maka tatkala dari tapal batas kerajaan-kerajaan itu bergema suara takbir dari pasukan-pasukan yang beriman: "Allahu Akbar, Allahu Akbar .... ", Mereka pun dengan berduyun-duyun segera menuju fajar yang baru terbit itu lalu memeluk Agama Islam yang dengannya mereka menemukan kebebasan mereka dari kekuasaan Kisra maupun kaisar.
Jika demikian halnya, 'Amr bin 'Ash ra. bersama anak buahnya tidaklah menaklukkan Mesir. Mereka hanyalah merintis serta membuka jalan bagi Mesir agar dapat mencapai tujuannya dengan kebenaran dan mengikat norma dan peraturan-peraturannya dengan keadilan, serta menempatkan diri dan hakikatnya dalam cahaya kalimat-kalimat Ilahi dan dalam prinsip-prinsip Islami.
'Amr bin 'Ash ra, amat berharap sekali akan dapat menghindarkan penduduk Mesir dan orang-orang Kopti dari peperangan agar pertempuran terbatas antaranya dengan tentara Romawi saja, yang telah menduduki negeri orang secara tidak sah, dan mencuri harta penduduk dengan sewenang-wenang.
Oleh sebab itulah kita dapati ia berbicara ketika itu kepada pemuka-pemuka golongan Nasrani dan uskup-uskup besar mereka, katanya: "Sesungguhnya Allah telah mengutus Muhammad Saw. membawa kebenaran dan menitahkan kebenaran itu. Dan sesungguhnya beliau Saw. telah menunaikan tugas risalahnya kemudian berpulang setelah meninggalkan kami di jalan lurus terang benderang".
Di antara perintah-perintah yang disampaikannya kepada kami adalah memberikan fasilitas bagi manusia. Maka kami menyeru kalian kepada Islam. Barang siapa yang memenuhi seruan kami, maka ia termasuk golongan kami, beroleh hak seperti hak-hak kami dan memikul kewajiban seperti kewajiban-kewajiban kami. Dan barang siapa yang tidak memenuhi seruan kami itu, kami tawarkan membayar pajak, dan kami berikan padanya keamanan serta perlindungan. Dan sesungguhnya Nabi Saw. kami telah memberitakan bahwa Mesir akan menjadi tanggung jawab kami untuk membebaskannya dari penjajah, dan diwasiatkannya kepada kami agar berlaku baik terhadap penduduknya, sabdanya: "Sepeninggalku nanti, Mesir, menjadi kewajiban kalian untuk membebaskannya, maka perlakukanlah penduduknya dengan baik, karena mereka masih memiliki ikatan dan hubungan kekeluargaan dengan kita ...!" (HR. Muslim)
Hadits tersebut memberi petunjuk bahwa orang-orang Kopti di Mesir merupakan paman-paman dari Nabi Ismail as. Karena ibunda Nabi Ismail Siti Hajar seorang wanita warga Mesir, diambil oleh Nabi Ibrahim as. menjadi istrinya, saat ia datang ke Mesir dan diberi hadiah oleh Raja Mesir dan kemudian melahirkan Nabi Ismail as.
Maka jika kalian memenuhi seruan kami ini, hubungan kita semakin kuat dan bertambah erat." 'Amr ra. menyudahi ucapannya, dan sebagian uskup dan pendeta menyerukan: "Sesungguhnya hubungan silaturrahmi yang diwasiatkan Nabimu Saw itu adalah suatu pendekatan dengan pandangan jauh, yang tak mungkin disuruh hubungkan kecuali oleh Nabi Saw."
Percakapan ini merupakan permulaan yang baik untuk tercapainya saling pengertian yang diharapkan antara 'Amr ra. dan orang Kopti penduduk Mesir, walau panglima-panglima Romawi berusaha untuk menggagalkannya.
'Amr bin 'Ash ra. tidaklah termasuk angkatan pertama yang masuk Islam. Ia baru masuk Islam bersama Khalid bin Walid ra. tidak lama sebelum dibebaskannya kota Mekah. Anehnya keislamannya itu diawali dengan bimbingan Negus raja Habsyi. Alasannya karena Negus ini kenal dan menaruh rasa hormat terhadap 'Amr ra. yang sering bolak-balik ke Habsyi dan mempersembahkan barang-barang berharga sebagai hadiah untuk raja.  Di waktu kunjungannya yang terakhir ke negeri itu, tersebutlah berita munculnya Rasul yang menyebarkan tauhid dan akhlaq mulia di tanah Arab.
Kaisar Habsyi itu menanyakan kepada 'Amr ra. kenapa ia tak ingin beriman dan mengikutinya, padahal orang itu benar-benar utusan Allah? "Benarkah begitu.?" Tanya 'Amr ra. kepada Negus. "Benar", ujar Negus, "Ikutilah petunjukku, hai 'Amr dan ikutilah dia! Sungguh dan demi Allah, ia adalah pada kebenaran dan akan mengalahkan orang-orang yang menentangnya."
Secepatnya 'Amr ra. terjun mengarungi lautan kembali ke kampung halamannya, lalu mengarahkan langkahnya menuju Madinah untuk menyerahkan diri kepada Allah Robbul'alamin.
Dalam perjalanan ke Madinah itu ia bertemu dengan Khalid bin Walid ra. dan Utsman bin Thalhah, yang juga datang dari Mekah dengan maksud hendak bai'at kepada Rasulullah Saw.
Rasulullah Saw. melihat ketiga orang itu datang, wajahnya pun berseri-seri, lalu katanya pada shahabat-shahabatnya: "Mekah telah melepas jantung-jantung hatinya kepada kita." Mula-mula tampil Khalid ra. dan mengangkat bai'at. Kemudian majulah 'Amr ra. dan berkata: "Wahai Rasulullah Saw. Aku akan bai'at kepada anda, asal saja Allah mengampuni dosa-dosaku yang terdahulu." Maka jawab Rasulullah Saw "Hai' Amr! Bai'atlah, karena Islam menghapus dosa-dosa yang sebelumnya."  'Amr ra. pun bai'at, dan diletakkannya kecerdikan dan keberaniannya dalam darmabaktinya ke agamanya yang baru.
Tatkala Rasulullah Saw wafat, 'Amr ra. sedang berada di Oman menjadi gubernurnya. Dan di masa pemerintah Umar ra. jasa-jasanya dapat disaksikan dalam peperangan-peperangan di Syria, kemudian dalam membebaskan Mesir dari penjajahan Romawi.
Bentuk tubuh 'Amr ra. dan  cara berjalan serta cara bercakapnya, memberi isyarat bahwa ia diciptakan untuk menjadi amir atau penguasa,  Hingga pernah diriwayatkan bahwa pada suatu hari Amirul Mu'minin Umar bin Khatthab ra. melihatnya datang. Ia tersenyum melihat caranya berjalan itu, lalu katanya: "Tidak pantas bagi Abu Abdillah untuk berjalan di muka bumi kecuali sebagai amir ...!"
Sungguh, sebenarnya 'Amr atau Abu Abdillah tidak mengurangi hak dirinya ini, bahkan ketika bahaya-bahaya besar datang mengancam Kaum Muslimin, 'Amr ra. mengalami peristiwa-peristiwa itu dengan cara seorang amir, seorang amir yang cerdik dan licin serta berkemampuan, menyebabkannya percaya akan dirinya, dan yakin akan keunggulannya.
Tetapi di samping itu ia juga memiliki sifat amanat, menyebabkan Umar bin Khatthab ra.  seorang yang terkenal amat teliti dalam memilih gubernur-gubernurnya, menetapkannya sebagai gubernur di Palestina dan Yordania, kemudian di Mesir selama hayatnya Amirul Mu'minin ini.
Bahkan ketika Amirul Mu'minin ra. mengetahui bahwa' Amr ra, dalam kesenangan hidup telah melampaui batas yang telah digariskannya terhadap para pembesarnya, dengan tujuan agar taraf hidup mereka setingkat atau hampir setingkat dengan taraf hidup umumnya rakyat biasa, maka khalifah tidaklah memecatnya, hanya mengirimkan Muhammad bin Maslamah ra. dan memerintahkannya agar membagi dua semua harta dan barang 'Amr bin 'Ash ra. lalu meninggalkan untuknya setengah, sedang yang setengahnya lagi dibawanya ke Madinah untuk Baitul mal.
Seandainya Amirul Mu'minin ra. mengetahui bahwa ambisi' Amr ra. terhadap kekuasaan sampai menyebabkannya agak lalai terhadap tanggung jawabnya, tentulah jiwanya yang waspada itu tidak akan membiarkannya memegang kekuasaan walau agak sekejap pun.
'Amr bin' Ash ra. adalah seorang yang berpikiran tajam, cepat tanggap dan jauh pandang, hingga Amirul Mu'minin Umar ra. setiap ia melihat seorang yang singkat akal, dipertepukkannya kedua telapak tangannya dengan keras karena herannya, Seraya katanya: "Subhanallah. Sesungguhnya Pencipta orang ini dan Pencipta 'Amr bin' Ash ra. hanyalah Tuhan Yang Tunggal, keduanya sama benar. "
Di samping itu ia juga seorang yang sangat berani dan berkemauan keras, pada beberapa peristiwa dan suasana, keberaniannya itu disisipinya dengan kelihaiannya, hingga disangka orang ia sebagai pengecut atau penggugup. Padahal itu tidak lain dari tipu muslihat yang istimewa yang oleh 'Amr ra. digunakannya secara tepat dan dengan kecerdikan luar biasa untuk membebaskan dirinya dari bahaya yang mengancam.
Amirul Mu'minin Umar ra. mengenal bakat dan kelebihannya ini sebaik-baiknya, serta menghitungkannya dengan sepatutnya. Oleh sebab itu sewaktu ia dikirimnya ke Syria sebelum pergi ke Mesir, dikatakan orang kepada Umar ra. bahwa tentara Romawi dipimpin oleh Arthabon, maksudnya panglima yang lihai dan gagah berani. Jawaban Umar ra. adalah: "Kita hadapkan arthabon Romawi ke arthabon Arab, dan baiklah kita saksikan nanti bagaimana akhir kesudahannya Ternyata bahwa pertarungan itu berkesudahan dengan kemenangan mutlak untuk arthabon Arab dan ahli tipu muslihat mereka yang ulung 'Amr bin 'Ash ra. sehingga arthabon Romawi, meninggalkan tentaranya menderita kekalahan dan melarikan diri ke Mesir, yang tak lama antaranya akan disusul oleh 'Amr ra. ke negeri itu untuk membiarkan bendera dan panji-panji Islam di angkasanya yang damai".
Tidak sedikit peristiwa, di mana kecerdikan dan kelicinan 'Amr ra. menonjol dengan gemilang. Dalam hal ini kita tidak memasukkan perbuatan sehubungan dengan Abu Musa al-'Asy'ari pada peristiwa Tahkim, yakni ketika kedua mereka menyetujui bahwa masing-masing akan menanggalkan Ali dan Mu'awiyah ra. dari jabatan mereka, agar urusan itu dikembalikan kepada Kaum Muslimin untuk mereka musyawarahkan bersama. Ternyata Abu Musa ra. melaksanakan hasil persetujuan tersebut, sementara' Amr ra. tidak melaksanakannya.
Jika kita ingin menyaksikan bagaimana kelicinan serta kesigapan tanggapnya, maka pada peristiwa yang dialaminya bersama komandan benteng Babilonia di saat peperangannya dengan orang-orang Romawi di Mesir, atau menurut riwayat-riwayat lain, bersama arthabon Romawi di pertempuran Yarmuk di Syria.
Yakni ketika ia diundang oleh komandan benteng atau oleh arthabon untuk berkonsultasi, dan sementara itu komandan Romawi telah menyuruh beberapa orang anak buahnya untuk menggulingkan batu besar ke atas kepalanya sewaktu ia hendak pulang meninggalkan benteng itu, sementara segala sesuatu dipersiapkan, agar rencana tersebut dapat berjalan lancar dan menghasilkan apa yang dimaksud mereka.
'Amr pun berangkat menemui komandan, tanpa sedikit pun menaruh curiga, dan setelah berkonsultasi mereka berpisahlah.  Tiba-tiba dalam perjalanannya ke luar benteng, terkilaslah olehnya di atas tembok, gerakan yang mencurigakan, hingga membangkitkan gerakan refleknya dengan amat cepatnya, dan dengan tangkas berhasil menghindarkan diri dengan cara yang mengagumkan.
Dan sekarang ia kembali mendapatkan komandan benteng dengan langkah-langkah yang tepat dan tegap serta kesadaran tinggi yang tak pernah goyah, seolah-olah ia tak dapat dikejutkan oleh sesuatu pun dan tidak dapat dipengaruhi oleh rasa curiga Kemudian ia masuk ke dalam, lalu katanya kepada komandan : "Timbul dalam hatiku suatu pikiran yang ingin kusampaikan kepada anda sekarang ini. Di pos komandoku sekarang ini sedang menunggu segolongan sahabat Rasul Saw, angkatan pertama masuk Islam, yang pendapat mereka biasa didengar oleh Amirul Mu'minin ra. untuk mengambil sesuatu keputusan penting. Bahkan setiap mengirim tentara, mereka selalu diikutsertakan untuk mengawasi tindakan tentara dan langkah-langkah yang mereka ambil. Maka maksudku hendak membawa mereka ke sini agar dapat mendengar dari mulut Anda apa yang telah kudengar, hingga mereka beroleh penjelasan yang sebaik-baiknya mengenai urusan kita ini."
Komandan Romawi itu secara bersahaja maklum karena nasib mujurnya, 'Amr lolos dari lobang jarum, dengan sikap gembira ia menyetujui usul 'Amr ra. hingga bila 'Amr ra. nanti kembali dengan sejumlah besar pimpinan dan panglima Islam pilihan, ia akan dapat menjebak mereka semua, dari hanya 'Amr seorang. Dan secara sembunyi-sembunyi sampai tidak diketahui oleh' Amr, dipertahankannyalah untuk tidak mengganggu 'Amr dan menyiapkan kembali perangkap yang disediakan untuk panglima Islam tadi, guna menghabisi para pemimpin mereka yang utama.
Lalu dilepasnya 'Amr dengan besar hati, dan disalaminya amat hangat sekali, disambut oleh ahli siasat dan tipu muslihat Arab itu dengan tertawa dalam hati. Dan di waktu subuh keesokan harinya, dengan memacu kudanya yang meringkik keras dengan nada bangga dan mengejek, 'Amr ra. kembali memimpin tentaranya menuju benteng. Memang, kudanya itu merupakan suatu makhluk lain yang banyak mengetahui kelihaian dan kecerdikan tuannya.
Dan pada tahun ke-43 Hijrah, wafatlah 'Amr bin' Ash ra. di Mesir, sewaktu ia menjadi gubernur di sana. Di saat-saat kepergiannya itu, ia mengemukakan riwayat hidupnya, itu secara bersahaja maklum bahwa kepergiannya katanya: "Pada mulanya aku ini seorang kafir, dan orang yang amat keras sekali terhadap Rasulullah Saw hingga seandainya aku meninggal pada saat itu, pastilah masuk neraka. Kemudian aku bai'at kepada Rasulullah Saw, maka tak seorang pun di antara manusia yang lebih kucintai, dan lebih mulia dalam pandangan mataku, dari beliau dan seandainya aku diminta untuk melukiskannya, maka aku tidak sanggup karena disebabkan hormatku kepadanya, aku tak kuasa menatapnya sepenuh mataku. Maka seandainya aku meninggal pada saat itu, besar harapan akan menjadi penduduk surga Kemudian setelah itu, aku diberi ujian dengan beroleh kekuasaan begitupun dengan hal-hal lain. Aku tidak tahu, apakah ujian itu akan membawa keuntungan bagi diriku ataukah kerugian."
Lalu diangkatnya kepalanya ke arah langit dengan hati yang tunduk, sambil bermunajat kepada Tuhannya Yang Maha Besar lagi Maha Pengasih, katanya: "Ya Allah, daku ini orang yang tak luput dari kesalahan, maka mohon dimaafkan Daku tak sunyi dari kelemahan, maka mohon diberi pertolongan. Jika daku tidak mendapat rahmat karunia-Mu, pasti celakalah nasibku."
Demikianlah ia asyik dalam bermohon dan berhina diri hingga akhirnya ruhnya naik ke langit tinggi, di sisi Allah Rabbul-'izzati, sementara akhir ucapan penutup hayatnya, adalah: La ilaha illallah Muhammadurrasulullah.
Di pangkuan bumi Mesir, negeri yang diperkenalkannya dengan ajaran Islam itu, bersemayamlah tubuh kasarnya. Dan di atas tanahnya yang keras, majlisnya yang selama ini digunakannya untuk mengajar, mengadili dan mengendalikan pemerintahan, masih tegak berdiri dengan kurun waktu, dinaungi oleh atap mesjidnya yang telah berusia lanjut "Jami'u 'Amr", yakni mesjid yang mula pertama didirikan di Mesir, yang disebut di dalamnya asma Allah Yang Tunggal lagi Esa serta dikumandangkan ke setiap pojoknya dari atas mimbarnya kalimat-kalimat Allah serta pokok-pokok Agama Islam.


Sumber: Buku Sahabat-Sahabat Rasulullah Sallallahu alai’hi wasallam
Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biografi Singkat Para Sahabat Rasulullah: 'Amr Bin' Ash radhiallahu anhu."