'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Persiapkanlah Diri Menghadapi Kelompok Ini

*🔰🔰*

✒ Oleh Ustadz Abu Ukkasyah Wahyu al-Munawy



Surah al-Isra, mungkin kita semua tahu kalau dia adalah salah satu dari surah Makkiyah. Surah Makkiyah maksudnya adalah surah yang turun saat Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam belum berhijrah ke Madinah. Surah ini kebanyakannya membicarakan tentang ayat-ayat Tauhid, kondisi kaum musyrik Quraisy, atau cara menghadapi mereka.

Mungkin kita tidak memperhatikan ada satu pesan tersirat luar biasa di dalam surah al-Isra akan kedatangan musuh Abadi. Dengan latar belakangnya sebagai surah Makkiyah, Allah tidak mengabaikan peringatanNya terhadap kaum muslimin akan kemunculan kaum yang akan menjadi musuh abadi mereka dalam surah ini. Hal ini menunjukkan begitu bahayanya kelompok ini dan begitu sukanya mereka dalam melakukan kerusakan. Ya, dia adalah kelompok Yahudi.

Allah azza wajalla berfirman:

وَقَضَيْنَا إِلَى بَنِي إسْرائِيلَ فِي الْكِتَابِ لَتُفْسِدُنَّ فِي الأرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيرًا

Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam kitab itu, "Sesungguhnya kalian akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan kalian pasti akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.” (QS. Al-Isra: 4)

Sungguh, ini adalah kemukjizatan al-Qur'an. Bayangkanlah, dalam suasana beratnya Nabi Shallallahu'alaihi wasallam mendakwahi orang-orang Makkah saat itu, bersabar atas gangguan mereka, Allah mengabarkan tentang kelompok ini. Padahal saat itu, beliau masih berada di kota Makkah. Nabi shalallahu'alaihi wassalam menghadapi Kaum Yahudi setelah beliau hijrah ke Madinah.

Ayat ini memberi isyarat yang sangat besar kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam dengan penekanan yang sangat besar. Pada kata لتفسدن (latufsidunna/Sungguh mereka akan melakukan kerusakan) Allah menjelaskan dengan 3 bentuk taukid (penekanan dan pemastian). Pertama, lam al-Qasam yang bermakna, Allah bersumpah dengan diriNya bahwa Yahudi akan melakukan kerusakan. Kedua, lam al-taukid sebab secara bersamaan huruf lam pada kata latufsidunna berposisi sebagai al-taukid  yang berarti penekanan selanjutnya. Ketiga adalah nun al-taukid yang menunjukkan penekanan ketiga.

Dalam bahasa Arab, tingkatan yang paling tinggi untuk memberikan penekanan adalah dengan tiga bentuk taukid. Disaat yang bersamaan lam dalam kata "latufsidunna" adalah lam al-Ta'lil, dimana setelahnya adalah fi'l mudhari' yang memberi faidah istimrariyah (keberlanjutan). Artinya, orang-orang Yahudi akan senantiasa melakukan kerusakan.

Ini adalah isyarat penting, seolah Allah ingin mengingatkan agar Nabi tidak terlalu khawatir dengan makar dan tipu daya kaum musyrik Quraisy, sebab akan ada musuh yang lebih besar menantinya di kota Madinah. Dan itu terjadi beberapa tahun setelah hijrah beliau ke kota madinah.

Maka perhatikanlah bentuk peringatan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam akan kelompok Yahudi. Bentuk peringatannya menunjukkan perang terhadap Yahudi akan berlangsung hingga hari kiamat. Sedangkan gangguan kaum Quraisy tidak begitu lama.

Luar biasa, al-Qur'an bukanlah buatan manusia, melainkan kalam Allah Azza wajalla yang suci.

Dari sini hendaklah kita selalu harus bersiap dan bersedia untuk menghadapi mereka. Cara menghadapi mereka adalah dengan kembali mempelajari kitab suci yang mulia. Sebab padanya banyak isyarat-isyarat kemenangan itu.

Olehnya, kepada setiap muslim, kenalilah musuhmu. Jangan habiskan waktumu berseteru dengan saudaramu sendiri.

Ringkasan daurah syaikh Dr. Ahmad Muhammad Mursi al-Tukhi, DR yang Ahli dalam bahasa Arab dan telah nenghafal kitab-kitab Ibnu Taimiyah.
➡ *Sumber* 👉🏼  http://wahdah.or.id/persiapkanlah-diri-menghadapi-kelompok-ini/

➡ Mohon ketika menyebarkan, harap sertakan sumbernya dan *jgn dihapus* 🙏🏼
💖 Silahkan SEBARKAN dan semoga Allah memberikan PAHALA atas berbagi ilmu ini
📖 Dapatkan artikel islami lainya di 👉 http://wahdah.or.id/

💖 Daftar Broadcast Wahdah.Or.Id
Ketik nama lengkap - daerah - wi
Contoh:
Irhamullah - Yogyakarta - WI
Kirim via WhatsApp ke:
📱 +6281383787678

👍 Facebook s.id/FBWahdah
📲 Instagram s.id/InstagramWahdah
📩 Telegram s.id/TelegramWahdah
🐣 Twitter s.id/TwitterWahdah
🌐 www.wahdah.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapkanlah Diri Menghadapi Kelompok Ini"