'

Selamat Datang di Website Resmi Muhammad Akbar bin Zaid “Assalamu Alaikum Warahmtullahi Wabarakatu” Blog ini merupakan blog personal yg dibuat & dikembangkan oleh Muhammad Akbar bin Zaid, Deskripsinya adalah "Referensi Ilmu Agama, Inspirasi, Motivasi, Pendidikan, Moralitas & Karya" merupakan kesimpulan dari sekian banyak kategori yang ada di dalam blog ini. Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran, coretan & kritikan bisa di torehkan pada area komentar atau lewat e-mail ini & bisa juga berteman lewat Facebook. Terimah Kasih Telah Berkunjung – وَالسٌلام عَلَيْكُم

Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Konsep Tarbiyah Islamiyah



§  Pembagian Dakwah
Ø  Dakwah umum
-  Khutbah
-  Pelajaran-pelajaran
-  Diskusi-diskusi
-  Pengajian-pengajian umum
-  Majelis-majelis ilmu
-  dll
Ø  Dakwah khusus
-  Tarbiyah

Sifat-sifat khas dakwah umum dan dakwah khusus:
Dakwah Umum
Dakwah Khusus
-       Peserta banyak
-     Jumlah peserta terbatas
-       Tidak disiplin (mau datang atau tidak)
-     Disiplin (kehadiran terkontrol)
-       Sulit kontrollingnya
-     Mudah dalam pengontrolan
-       Hanya melahirkan pendukung-pendukung dakwah, tidak bisa atau sulit menjadi da’i
-     Pembentukan kader

§  Ta’rif  Tarbiyah
Ø    Defenisi Tarbiyah

Lughah         penumbuhan, pengembangan, pembangunan
                      perbaikan
                          Pengertian Umum
à   Menumbuhkan sesuatu dari suatu keadaan kepada keadaan lain sampai pada kesempurnaan [ar Raghib]
à   Mengantarkan sesuatu kepada kesempurnaannya sedikit demi sedikit [al Baydhawy]
              Pengertian Khusus
à Program-program yang lengkap, komprehensif yang dibangun di atas prinsip-prinsip ajaran islam bertujuan untuk membentuk pribadi-pribadi muslim yang ideal
à  5M         

§  Unsur-unsur  Tarbiyah
1.      Tafaqquh fi ad Dien
2.      Menjaga peningkatan iman
3.      Melejitkan potensi dan mengarahkannya
4.      Memberikan tugas pengamalan, perjuangan
5.      Pendidikan khusus
-          Stimulant, penghargaan, motivasi
-          Teguran, peringatan, sanksi-sanksi pembinaan



§  Karakteristik Tarbiyah
1.      Rabbaniyah
Merujuk pada nilai-nilai rabbani dalam sumber, metode, tujuan dan sasaran
2.      Salafiyah
Merujuk kepada metode, pemahaman salaf
Ada patron  as salaf as shalih
3.      Seimbang
Tidak berlebihan dalam satu sisi
4.      Syamil, menyeluruh
Tidak hanya pada satu bidang tugas perjuangan
Lahir kader dengan terpenuhi dalam segala aspek
5.      Berjenjang, bertahap, berfase
Tidak satu kali saja seumur hidup
Tidak tergesa-gesa
6.      Berkesinambungan, berlanjut
Tidak ada yang luput dari tarbiyah
Tidak ada tamat dari tarbiyah

§  Ruang Lingkup dan Program-program Tarbiyah
Ø    Tarbiyah Ruhani
Menumbuhkan kekuatan dan kepekaan hati
1.      Shalat berjamaah
2.      Perbaikan bacaan al Qur’an
3.      Pengarahan murabbi
Cerdik melihat keadaan binaan-binaan, agar tidak terpengaruh zaman
4.      Materi tazkiyah an nafs
Niat, shalat khusyu, dsb
5.      Program ziarahi saudara
Yang sakit, yang tidak datang, musibah, dsb.
6.      Mengunjungi yang sakit
7.      Mabit bersama / hari bersama
-        Qiyam lail
-        Sahur
-        Dzikir
-        Tidak banyak ngobrol, tertawa, tetapi lebih ke ruhiyah
Ø    Tarbiyah Intelektual
1.      Materi-materi tematik
2.      Kajian hadits
3.      Menghapal al Qur’an dan hadits
4.      Latihan ceramah ringkas
5.      Problem solving
6.      Kajian kitab, diskusi buku
7.      Menghadiri majelis-majelis ilmu
Ø    Tarbiyah Fisik
1.      Olahraga
2.      Check up kesehatan
3.      Rihlah





§  Marhalah Tarbiyah
Ø    Urgensi
Sesuatu yang aksioma dalam kehidupan kita, sunnatullah. Tanpa dicari pun kita pasti sudah menemukan dalilnya. Tidak ada yang langsung terjadi dan langsung sempurna, kecuali yang dikehendaki oleh Allah.
-          Turunnya al Qur’an bermahalah (bertahap)  hikmah untuk menguatkan hati dengan turunnya
-          Penciptaan langit dan bumi bermarhalah
-          Penciptaan manusia bermahalah
-          Madrasah bermahalah
þ  Metode para rasul dalam dakwah
-           Dakwah sirriyah dan jahriyah
-           Dakwah setelah daulah setelah jihad
-           Wasiat Rasulullah kepada Muadz bin Jabal;
‘Wahai Muadz, engkau akan mendatangi kaum dari ahlul bait maka jadikanlah yang pertama dalam da’wahmu Laa ilaaha illallah, dst…’
þ  Penerapan salaf dalam ta’lim
Ta’lim merupakan sarana dakwah.
ü    Perkataan Ibnu Abbas dalam menafsirkan QS. 3 : 79
79. tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani[208], karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.
[208] Rabbani ialah orang yang sempurna ilmu dan takwanya kepada Allah subehanahu wa Ta’ala

Ibnu Abbas berkata, makna rabbaniyun adalah orang-orang yang mengajarkan manusia dar ilmu-ilmu yang kecil sebelum yang besar-besar.
ü    Perkataan Ibnu Mas’ud,
Rasulullah mengajarkan kami sepuluh ayat kemudian kami menghapalkannya kemudian mempelajari maknanya kemudian mengamalkannya. Maka kami mempelajari dari Rasul ilmu dan amal.
ü    Perkataan Ali bin Abi Thalib,
Berbicaralah dengan manusia sesuai kadar iman mereka.
Ø    Marhalah dalam tarbiyah

1.      Marhalah ta’rif / pengenalan
 membentuk pribadi mu’min, shalih pada dirinya
2.      Marhalah takwin / pembentukan
 mushlih, shalih li nafsihi dan orang orang lain
 mujahid
3.      Marhalah tanfidz / pelaksanaan
Terjun, terlibat langsung
 muta’awin, kesadaran berjuang berjamaah
 mutqin, profesional

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Tarbiyah Ta'rifiyah: Konsep Tarbiyah Islamiyah"